Dandim 0402/OKI Sosialisasikan Wasbang Kepada Siswa SMPN 3 Kayuagung

OKI KAYUAGUNG oganpost.com-Menangkal pengaruh negatif maupun doktrin dari paham-paham radikalisme dan terorisme di kalangan pelajar, Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S. Sos MM. MI. Pol, menyosialisasikan wawasan kebangsaan (Wasbang) kepada siswa SMPN 3 Kayuagung, JL. Letda Bustomi Rekap Jua Jua,Kecamatan Kota Kayu Agung, Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan rabu(2/3/2022).

Dalam sosialisasi Wasbang ini di hadapan ratusan siswa Dandim memberikan materi Wasbang terkait dengan implementasi Pancasila dan paham radikalisme,“Wasbang adalah konsepsi cara pandang yang dilandasi atas kesadaran diri sebagai warga dari suatu negara akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,”ujarnya.

Dikatakan dia, Wasbang perlu diberikan mulai sejak dini, karena pelajar merupakan sebuah aset bangsa yang sangat berharga sehingga perlu dijaga keberadaannya dari bahaya paham radikalisme dan terorisme.

"Pengaruh paham radikalisme dan terorisme yang saat ini menjadi suatu ancaman serius bagi bangsa dan negara sehingga perlu adanya pemahaman dan menumbuhkan kesadaran dari seluruh komponen bangsa Indonesia akan bahaya tersebut,"ucap Dandim.

Disebutkan Dandim  pelajar sebagai Agen Perubahan,"Mereka juga nantinya yang akan menjadi calon-calon pemimpin bangsa ini oleh karenanya sangat penting ditanamkan nilai-nilai Nasionalisme, Patriotisme dan Bela Negara,"tuturnya.

Guna meredam hingga mengantisipasi intoleransi yang dapat berkembang menjadi radikalisme tersebut, ia meminta para siswa SMPN 3 Kayuagung mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila yang sangat penting dilakukan baik di tataran hidup bernegara maupun bermasyarakat.

"Untuk itu nilai-nilai Pancasila marilah kita terapkan dalam berbagai aspek kehidupan bahkan di lingkungan sekolah. Pancasila sebagai ideologi negara Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting, sehingga semua warga negara wajib mengerti dan mengetahui pancasila sebagai dasar negara,"ungkapnya.

Dikesempatan itu juga Kepala Sekolah SMPN 3 Kayuagung, Erlin Marleta SPd MSi MPd menilai kegiatan Wasbang ini sangatlah penting sebagai wahana untuk memupuk rasa nasionalisme bagi siswa SMPN 3,"Kami juga sangat mendukung kegiatan yang di lakukan Dandim 0402/OKI, sehingga pelajar dapat berpartisipasi dalam membangun bangsa dan menjaga keutuhan NKRI,"terangnya.(Aziz/Pen 0402)

No comments

Powered by Blogger.