14 Tahun di Pasung,Kini Nefri Bebas Dari Belenggu


OGAN KOMERING ILIR oganpost.com-Selama 14 tahun dipasung oleh keluarganya kini Nefri(42) warga Desa Terusan Menang Baru Kecamatan SP Padang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumsel ini akhirnya bernapas lega lepas dari belenggu tersebut.

Bukan hanya itu pria yang sinyalir keluarga mengalami gangguan jiwa tersebut selain dilepas dari pasungan dirinya juga mendapat perawatan medis dan hal ini berkat andil dan upaya kerja keras salah satu pengurus Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten OKI,Rezi Merry Yusuf 

Rezi Merry Yusuf yang merupakan pengurus IPSM OKI sekaligus PJ Kades Terusan Menang Baru saat dikonfirmasi, Rabu (9/11/2022) membenarkan bahwa dirinya yang mengupayakan Nefri bisa lepas dari pasungan dan dirawat.

“Nefri ini dulu sudah berkeluarga hingga bercerai dengan istrinya, punya anak satu kini remaja. Namun karena 14 tahun silam mengalami gangguan jiwa juga sering mengamuk, terpaksa dipasung,” ujar dia.

Dikatakan dia,dahulu, sebelum alami gangguan jiwa, Nefri ini pernah bunuh orang namun kasusnya sudah selesai,semenjak itu tiba–tiba Nefri suka mengamuk bahkan pernah berupaya membunuh orangtuanya sendiri sehingga terpaksa dipasung.

"Nefri dipasung di bawah rumah orangtuanya untuk menghindari hal-hal tak diinginkan,seiring waktu karena terus dirawat orangtuanya ditambah kondisi tempat pasungan juga cukup layak kesehatan mental Nefri akhirnya berangsur pulih,"terangnya.

Tambah dia karena itu selaku pengurus IPSM dirinya berinisiatif membujuk orangtuanya agar dilepas mengingat saat ini tidak boleh lagi ada yang dipasung,bekerjasama dengan lintas sektoral akhirnya Nefri dilepas dan mendapatkan perawatan.

“Kita dibantu oleh pihak Polsek, Koramil dan Dinas Kesehatan dalam hal ini Puskesmas SP Padang juga Dinas Sosial OKI,pengentasan pasungan ini merupakan terobosan kita dari IPSM OKI dan upaya ini akan terus berlanjut kesasaran berikutnya masih ada banyak lagi orang yang dalam kondisi di pasung, itu akan diupayakan agar dilepas namun saat ini lagi diurus kartu BPJS untuk mereka,”ungkapnya.(ziz/red)

No comments

Powered by Blogger.