Wawako Lubuklinggau Kunker ke Kota Magelang Jawa Barat


LUBUKLINGGAU oganpost.com -- Wakil Wali Kota Lubuklinggau, H.Sulaiman Kohar berserta Pejabat Pemkot Lubuklinggau bersama Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Lubuklinggau melakukan Kunjungan Kerja /Studi Wawasan Kerukunan ke Kota Magelang Provinsi Jawa Tengah.

Wakil Wali Kota Lubuklinggau selaku Ketua Dewan Penasihat FKUB dan seluruh Pengurus FKUB Kota Lubuklinggau melaksanakan kegiatan Kunjungan Kerja dalam rangka studi wawasan kerukunan ke Kota Magelang Prov.Jawa Tengah (13/12/2022).

Kegiatan Kunjungan Kerja ke Kota Magelang Prov. Jateng disambut langsung oleh Walikota Magelang (dr.H.Muchamad Nur Aziz, Sp.PD, KGH) di Pendopoan Rumah Dinas Wali Kota Magelang yang dihadiri oleh Ketua dan Pengurus FKUB Kota Magelang, Kaban Kesbangpol, Kakan Kemenag, dari Bagian Kesra Setda Kota Magelang dan Pejabat Pemkot Magelang lainnya.

Dalam sambutannya Wali Kota Magelang menyampaikan ucapan selamat datang di Kota Magelang dan sangat senang dipilihnya Kota Magelang sebagai tempat Kunker pejabat  dan pengurus FKUB Kota Lubuklinggau.

Kota Magelang yang berpenduduk 127.251 jiwa merupakan salah satu Kota yang memiliki tingkat kerukunan (Toleran) yang sangat baik, dimana saat ini Kota Magelang menduduki peringkat ke 6 nasional berdasarkan hasil survey Setara Institute. Ini tak lepas dari peran Pemerintah, FKUB dan Masyarakat yang sangat antusias dalam menjaga Kerukunan di Kota Magelang.

Sedangkan dalam sambutannya, Wakil Wali Kota Lubuklinggau (H. Sulaiman Kohar) menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Magelang yang telah menerima secara baik atas kunjungan kerja FKUB Kota Lubuklinggau, beliau juga menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini merupakan program kegiatan FKUB Kota Lubuklinggau yang bertujuan untuk silaturahmi dan studi wawasan terkait kerukunan dan toleransi beragama di Kota Magelang.

Dimana Kota Magelang berhasil menjadi  peringkat ke 6 Nasional Kota tingkat kerukunan tertinggi sesuai dengan Indeks Kerukunan dari Setara Institute, sehingga diharpakan nantinya bisa diterapkan di Kota Lubuklinggau sesuai dengan visi Kota Lubuklinggau yaitu. 

"Mewujudkan Lubuklinggau Kota  Metropolis Madani. dimana salah satu unsurnya adalah masyarakat yang rukun dan damai, meskipun secara umum Kota Lubuklinggau saat ini sudah cukup aman dan damai, hal ini dibuktikan dengan tidak pernah terjadi Konflik (Zero Konflik) baik antar suku, agama dan ras yang ada di Kota Lubuklinggau". 

Namun Pemerintah Kota Lubuklinggau dan FKUB tentunya terus berusaha mencegah dan meminimalisir potensi gangguan kerukunan umat sekecil apapun.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua FKUB Kota Lubuklinggau (Drs.Ismuridjal Umar, M.Si), menyampaikan pertanyaan bagaimana strategi yang dilakukan oleh pemkot dan FKUB kota Magelang dalam menjaga kerukunan, sehingga berhasil menjadi kota yang sangat toleran sesuai dengan hasil survey setara institute menduduki peringkat 6 nasional.

Dalam kegiatan tersebut dilakukan pula kunjungan ke tempat-tempat ibadah dan API (Asrama Perguruan Islam) Ponpes SALAF Tegal Rejo, dalam kegiatan silaturahmi tersebut rombongan dari Kota Lubuklinggau disambut oleh Pimpinan API sekaligus Pimpinan Ponpes SALAF KH. GUS YUSUF HUDORI. menyambut baik silaturahmi ini.

Turut mendampingi kunker FKUB ke Kota Magelang diantaranya : Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau (Kahlan Bahar), Kaban Kesbangpol (Firdaus Abky), Kadis Pendidikan dan Kebudayaan (Dr. H. Dian Chandera), Kadis Pariwisata (H. Heri Zulianta), Kadis Ketahanan Pangan (Cikwi), Kabag Kesra (Ahyar El Hafiz), dan Kabid Wasbang Kesbangpol (Taufik Hidayat), Kasubbag Komunikasi Pimpinan (Apendi, SH).(SMSI Silampari)

No comments

Powered by Blogger.