Sudut Pandang: Menanti Asa Baru Sepak Bola Indonesia


JAKARTA-Publik sepak bola Tanah Air selalu menyelipkan harapan di setiap ajang pemilihan ketua umum PSSI, yakni sepak bola Indonesia berjalan ke arah yang lebih baik.

Wajar saja harapan itu selalu ada karena mau tidak mau kita harus mengakui keadaan sepak bola negeri ini sedang tidak baik. Prestasi tim nasional yang belum terlihat, kompetisi yang amburadul hingga pembinaan dari akar rumput tak berjalan baik.

Maka, asa itu kembali diapungkan jelang pemilihan Ketua Umum PSSI pada Kongres Luar Biasa (KLB) 16 Februari 2023 mendatang. Siapapun sosok terpilih, perbaikan sepak bola menjadi harga mati yang harus dilakukan.

Pengamat sepak bola Indonesia, Tommy Welly, menyebut pemberantasan mafia di tubuh PSSI akan selalu menjadi tagline dari setiap kandidat Ketum PSSI saat mencalonkan diri.

Dalam pernyataannya Bung Towel, sapaan akrab Tommy Welly, mencontohkan dua kandidat terkuat, yakni Erick Thohir mengatakan 'siap membersihkan PSSI dari tangan-tangan kotor'. Sementara La Nyalla Mattalitti mengatakan 'sikat mafia' saat maju mencalonkan diri sebagai pimpinan tertinggi di Indonesia itu.

''Nah problemnya, orang-orang yang disebut sebagai mafia ini masuk dalam jajaran. Tangan-tangan kotor di dalam elite sepak bola itulah yang harus dibereskan,'' ujar Bung Towel dalam intimate talk dengan tema 'Menanti Asa Baru Sepak Bola Indonesia' di Mal Kota Kasablanka, Jakarta pada Jumat (27/1/2023).

Sementara itu Co-Chair komunitas B.E.D.A Tsamara Amany menyebut Erick Thohir adalah sosok yang mempunyai kemampuan dan keberanian untuk membersihkan PSSI dari tangan-tangan kotor. Lebih lanjut mantan politisi PSI ini mengatakan persoalan dalam sepak bola Indonesia bukan hanya masalah prestasi Timnas, tapi juga masalah manajemen organisasi di tubuh PSSI sendiri.

'Erick Thohir punya nyali untuk melakukan itu. Saya setuju bahwa itu memang harus dilakukan," katanya.

Diketahui selain mengundang Bung Towel dan Tsamara Amany, Sudut Pandang Most 1058 yang digelar pada Januari 2023 ini turut mengundang Ketua Umum The Jakmania Diky Soemarno dan vlogger yang juga insan sepak bola Agung Hartanto.(sport.Okezone.com)

No comments

Powered by Blogger.