Indonesia vs Argentina: Pertama dalam Sejarah Lawan 1 Dunia

Argentina menjadi tim peringkat satu dunia pertama yang akan dilawan Timnas Indonesia. (AP/Natacha Pisarenko)

Pertandingan Indonesia vs Argentina pada FIFA Matchday, 19 Juni mendatang, merupakan laga bersejarah bagi Timnas Indonesia. Ini adalah kali pertama Timnas Indonesia menghadapi tim peringkat satu dunia.

Timnas Indonesia jarak mendapatkan kesempatan menghadapi tim besar internasional. Dalam waktu lebih dari dua dekade terakhir, tim Garuda hanya dua kali menghadapi lawan berstatus tim top dunia.

Pertama terjadi pada 8 Oktober 2010, ketika Timnas Indonesia dikalahkan Uruguay 1-7 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Ketika itu Uruguay yang diperkuat Luis Suarez baru menjadi tim bintang di Piala Dunia 2010, dengan melaju ke semifinal dan finis di posisi keempat.

Setelah itu Timnas Indonesia menghadapi Belanda di SUGBK pada 7 Juni 2013. Belanda yang diperkuat Robin van Persie dan Arjen Robben, sempat ditahan imbang Indonesia tanpa gol hingga akhir babak pertama.

Belanda kemudian mencetak tiga gol di babak kedua untuk menekuk Indonesia 3-0. Siem de Jong mencetak dua gol, dan satu gol lainnya dicetak Robben.

Namun Uruguay dan Belanda bukan tim berperingkat satu dunia saat melawan Timnas Indonesia. Sejak ranking FIFA digunakan pada Desember 1992, Argentina menjadi tim peringkat satu dunia pertama yang akan dilawan Indonesia.

Argentina berhasil naik ke peringkat satu dunia pada ranking FIFA yang dirilis pada 6 April lalu. Tim Tango berhasil menggeser posisi Brasil, yang turun dua peringkat ke posisi tiga setelah Prancis naik ke posisi dua.

Ini adalah kali pertama sejak April 2017, Argentina berhasil menjadi tim sebagai peringkat satu dunia dalam ranking FIFA.

Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) memastikan Argentina akan menjalani dua laga persahabatan pada FIFA Matchday Juni mendatang. Timnas Argentina akan melawan Australia di Beijing, China, pada 15 Juni, dan  Timnas Indonesia pada 19 Juni di Jakarta.(CNN indonesia)

No comments

Powered by Blogger.