SDN 10 Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

BANYUASIN,oganpost.com - Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 2015,SDN 10 Betung Desa Tajaraya I Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin menggelar upacara bendera deengan tujuan mengenang perjuangan para pemuda pada zaman dahulu.

Samsudin.SPd.MM. kepala SDN 10 Betung mengatakan,bagiwarga Negara Indonesia tanggal 28 Oktober pastinya menjadi hari yang bersejarah untuk rakyat Indonesia. Tanggal 28 Oktober merupakan hari dimana dicetuskannya sumpah pemud,dalam peristiwa sumpah pemuda dapat dimaknai bahwa betapa luarbiasanya perjuangan pahlawan indonesia dalam membebaskan bangsa ini dan melawan para penjajah.

"Coba kita resapi bagaimana dahulunya sejarah negara kita dalam berjuang mendaptkan kemerdekaan.mari kita hayati dan resapi semoga rasa nasionalisme kita terhadap bangsa indonesia semakin tinggi.dahulu dengan luasnya wilayah indonesia dan masih dalam belenggu panjajah banya ksekali ormas yang semacam organisasi maupun perkumpulan yang berdiri atas latar belakang budaya agama dan suku dan asal– usul yang kesannya memiliki landasan sendiri dalam memperjuangkan harkat dan martabatbangsa dari kaum penjajah,"terangnya dalam amanat upacara.

Dilanjutkanya,saat itu Perhimpuna Para Pelajar Indonesia (PPPI) yang beranggotakan pelajar dari seluruh wilayah indonesia. konggres tersebut dihadiri oleh berbagai wakil organisasi kepemudaan yaitu jong java, jongbatak, jong celebes, jong sumatranen bond, jong islamiten bond, jong ambon, beserta para pengamat dari pemuda tiong hoa yakni kwee thiam hong, menggelar konggres ini di tiga tempat yang berbeda.

"Konggres lebih dahulu di gelar pada hari sabtu pada tanggal 27 oktober 1928, di gedung Katholieke Jingenlingen Bond (KJB), waterlooplein (sekarang menjadi benteng). dalam rapat kedua 28 oktober 1928 di gedung toost-java bioscop dan akhirnya rapat terakhir dilaksakakan di gedung indonische clubgebouw tercapailah rumusan yang saat ini disebut dengan sumpah pemuda,"ujarnya.

Dari itu lanjut samsudin.semoga kedepan anak-anak dapat bersatu padu demi meneruskan perjuangan mereka,"Semoga kedepan anak-anak dapat menjadi apa yang kami harapkan,menjadi orang-orang yang pandai dan sukses sebagai generasi masa depan," pungkasnya.(madi)

No comments

Powered by Blogger.