19 Puskesmas Akan Menjadi Badan Layanan Daerah

dr Yan Riyadi Mars
MUARAENIM oganpost.com- Sebanyak 19 Puskesmas dan UPTD Laboratorium Daerah yang ada di kabupaten Muaraenim di rencanakan akan merubah stastus menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Hal inipun di benarkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muaraenim,dr Yan Riyadi Mars saat di konfirmasi terkait hal ini," Kita harapkan ke 19 puskesmas dan UPTD Laboratorium Daerah tersebut semuanya bisa menjadi BLUD,meskipun ada yang BLUD Penuh dan yang sebagian saja," katanya.

Di terangkannya dengan pergantian status menjadi BLUD ini,puskesmas-puskesmas dan UPT Laboratorium Daerah tersebut dapat melakukan pengelolaan sistem keuangan sendiri," Pengelolaan keuangan puskesmas dan laboratorium mulai dari perencanaan hingga pertanggung jawaban bisa di kelolah sendiri jika statusnya sudah BLUD ,namun tetap saja masih ada beberapa rambu-rambu yang harus di patuhi,”terang Yan.

Selain itu lanjutnya jika Puskesmas sudah berganti status menjadi BLUD,BPJS bisa langsung menyerahkan dana kavitasinya langsung ke Puskesmas sesuai Perpres,"Tapi jika ia belum BLUD pembayaran retribusi sesuai Perda harus melalui kas daerah dahulu,"katanya.

Namun lanjutnya pada tahun 2016 ini proses menuju BLUD ini masih dalam tahap penyusunan dokumen dan pendampingan untuk tahap berikutnya,"Karena untuk tahap sosialisasi sudah kita lakukan pada tahun 2015 yang lalu,dan harapan kita semuanya bisa BLUD penuh,dan jika memang tidak bisa semuanya minimal untuk beberapa puskesmas besar yang ada seperti Muaraenim,Lawang Kidul,Gunung Megang dan Gelumbang bisa menjadi BLUD penuh,"pungkasnya. (Khairlani/jazzi)

1 comment:

  1. Promo di Bandar Dewa Poker Magas Region Capital Rusia Situs www.pokerrusia.net Melalui Bank Mestika Dharma dengan Kode Bank 151.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.