Posyandu Terpadu Wijaya Kesuma II,Salah Satu Posyandu Terbaik Di Indonesia

Ketua TPPKK Tinjau Paud Posyandu Wijaya Kusuma II
OKI Sp.Padang oganpost.com-Misi pembangunan kesehatan global SDGs atau Sustainable Development Goals (tujuan pembangunan berkelanjutan) menekankan penguatan kemitraan antar pemegang kebijakan dalam pembangunan seperti bidang kesehatan dengan pendidikan dan ekonomi kerakyatan.

Sistem ini ternyata sudah diterapkan di Posyandu terpadu Wijaya Kusuma II Desa Terate Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten OKI, Sumsel. Bagaimana pelayanan di Posyandu ini,keberadaannya memberikan pelayanan masyarakat secara urut, mulai pra nikah sampai kelahiran serta perawatan bayi hingga balita, dan itu diberikan gratis.

“Selain BKB (Bina Keluarga Balita), kita melayani BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia), serta berbagai kegiatan PKK,bahkan terdapat PAUD, sebagai upaya memenuhi kebutuhan pendidikan usia dini bagi anak-anak” ujar Ernawati, Am. Keb, Kepala Posyandu Wijaya Kesuma II Desa Terate, saat didatangi tim penilai lomba Posyandu tingkat nasional, Rabu, (20/4)

Selain itu menurut Ernawati Posyandu ini juga menjadi tempat silaturahmi kader-kader PKK, UP2K (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga), bahkan di pekarangan posyandu juga dapat di anfaatkan untuk ditanami TOGA (Tanaman Obat Keluarga), agar dapat dimanfaatkan bagi masyarakat setempat.

Dikatakan dia,Posyandu ini melayani 292 Balita, 82 ibu hamil, 238 Lansia, 20 kader Posyandu dan 2 kader Lansia,berbagai bantuan telah diberikan Pemkab OKI seperti vitamin dan makanan tambahan. Seluruh Posyandu telah memberikan pelayanan terbaik kepada anak dan ibu,”Tahun lalu, Posyandu Wijaya Kusuma II menjadi yang terbaik di Kabupaten OKI dan meraih juara I lomba Posyandu tingkat Sumsel,”ujarnya.

Prestasi itu mengundang tim penilai lomba tingkat Posyandu tingkat nasional mendatangi Desa Terate, untuk memberikan penilaian,Endang Budi Hartini selaku Ketua Tim Penilai Lomba Posyandu mengatakan, kedatangan tim penilai ini untuk melakukan klarifikasi laporan pemenang tingkat provinsi. OKI harus bangga karena bersaing dengan 5 konstestan lainnya di nasional.

"Kontestan lain yakni Pacitan Jatim, Solok Sumbar, Tulang Bawang Lampung, Magelang Jateng, Jemberana Bali. Semoga OKI mampu bersaing,"jelasnya sembari mengatakan 6 konstestan termasuk OKI sebenarnya telah menjadi juara.

Sambung dia,namun yang terbaik adalah penghargaan Posyandu Pakarti Utama,"Lomba Posyandu nasional ada 2 kategori yakni antar sesama kabupaten dan sesama kota,”jelasnya

Bupati OKI Iskandar SE mengatakan, Pemkab OKI sangat berharap Desa Terate bisa berprestasi pada lomba Posyandu tingkat nasional. 300 indikator penilaian lomba sangatlah banyak dan berat untuk dicapai,namun Desa Terate telah berusaha memenuhinya.

"Untuk memberikan pelayanan kesehatan, Pemkab OKI berusaha membangun 1 Poskesdes di setiap desa. Sekarang hanya 4 desa yang belum memiliki Poskesdes, namun ini akan terealisasi secepatnya,"urai bupati sembari berharap Desa Terate menjadi yang terbaik di Indonesia.(andi/hms)

No comments

Powered by Blogger.