Plt Bupati OI, Ilyas Panji Alam bersama Wakil Ketua DPRD OI, Wahyudi dan unsur Muspida Pemkab OI saat memantau langsung pasar Indralaya pasca kebakaran Minggu (25/9) lalu

INDRALAYA, OganPost.com
Pasca kebakaran yang terjadi dipasar Indralaya Kabupaten Ogan Ilir (OI) beberapa hari yang lalu, kondisi lapak pedagang yang telah menjadi puing - puing hingga kini masih belum direlokasi ataupun diperbaiki oleh pemerintah setempat. Saat ini pihak kepolisian resort Ogan Ilir masih meneliti apa penyebab sebenarnya kebakaran yang terjadi, Sabtu (24/9) lalu.

Para pedagang yang sehari-harinya biasa melakukan interaksi perdagangan akhirnya harus absen dulu, karena lokasi yang belum diperbaiki. Ada juga pedagang yang tetap nekat berjualan ditengah puing-puing sampah eks kebakaran mengingat mata pencaharian satu-satunya adalah berdagang.

Seorang pedagang, Uda (36) yang sehari-harinya berdagang pakaian dan aksesoris di pasar ini berharap agar Pemkab OI, khususnya Bupati OI Ilyas Panji Alam mau peduli dengan nasib para pedagang saat ini. Selain mengalami kerugian hingga puluhan juta, dirinya juga harus stop berjualan sampai waktu yang belum jelas, karena lapak yang biasa dia tempati tidak ada lagi.

Jika memungkinkan, lanjut Uda, para pedagang berharap pasar tersebut kembali dibangun. Mereka hanya meminta kesediaan Pemkab OI untuk membangun kembali, sementara modal usaha kembali akan mereka usahakan masing-masing.

“Ya yang penting dibangun dulu, jadi kami bisa dagang lagi meski modal seadanya. Yang penting ada tempat,” harapnya.

Senada pedagang lain, Febri berharap jika nantinya lapak dagangnya diperbaiki, dirinya meminta kerendahan hati pemerintah agar lapak tersebut digratiskan, karena dirinya sempat mendapat kabar kalau nanti akan dikenakan biaya lagi.
"Kalau tidak diberi bantuan ganti rugi, paling tidak kami tidak diberatkan lagi. Karena kebakaran ini telah membuat kami menderita kerugian materil dan kami harus mencari modal lagi untuk berjualan. Semoga pak bupati bisa mendengar keluhan kami ini," harapnya.

Menanggapi harapan pedagang ini, Plt Bupati OI, HM Ilyas Panji Alam mengatakan, pihaknya akan berupaya secepat mungkin menyediakan area berjualan kembali bagi pedagang yang kiosnya ludes terbakar. Menurutnya saat ini pihaknya tengah mendata jumlah pedagang yang terkena dampak kebakaran.

"Bisa jadi para pedagang kita relokasi ketempat lain, atau jika memungkinkan kita perbaiki lapak yang terbakar. Karena setelah saya tinjau kelokasi, hanya los-los swadaya saja yang terbakar, sedangkan gedungnya tidak terbakar. Kita usahakan tahun ini segera terealisasi, saya menghimbau para pedagang untuk tetap tenang dan bersabar, karena saya juga ikut prihatin," tukasnya.(frd)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

1 comments:

  1. Sabung Ayam Filipina Live di ID303
    Coba Main Disini Dan Menang Hingga Jutaan
    Banyak Bonus nya Loh
    Yuk Daftar : id303 .org

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Whatsapp : +6281326993756
    BBM : CSID303

    Promo Bonus ID303
    Jadwal Bola Malam Ini

    Tersedia Jadwal Sabung Ayam Online : Sabung Ayam PW

    ReplyDelete