Bupati  OKI H Iskandar SE 
KAYUAGUNG OKI oganpost.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI tahun ini akan lebih intens memfokuskan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di enam kecamatan dalam Kabupaten OKI. Enam kecamatan tersebut antara lain Kecamatan Air Sugihan, Tulung Selapan, Cengal, Sungai Menang, dan Tanjung Lubuk.

Bupati OKI H Iskandar, SE mengungkapkan bahwa berdasar laporan dari BMKG kalau sekarang ini memasuki masa kering. Untuk itu, pihaknya berharap semua pihak mulai dari BPBD, Manggala Agni, masyarakat peduli api dan lainnya terintegrasi satu sama lain berkoordinasi untuk mencegah terjadinya karhutla.

“Ada 6 kecamatan yang rawan karhutla. Sebagai pemerintah, kami intens terjun ke lapangan memantau sekaligus mengantisipasi terjadinya karhutla. Apalagi berdasar laporan BMKG kalau sekarang ini memasuki masa kering,” kata Bupati OKI H Iskandar, SE, Senin (31/7).

Bupati OKI juga mengklaim sejak awal Januari lalu pihaknya telah melakukan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya dan pencegahan karhutla. Bahkan mulai dari peralatan hingga personil sudah disiapkan sedemikian rupa.

“Dalam jangka pendek ini, pemerintah telah melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan perkebunan, khususnya yang lahannya berdampingan dengan masyarakat untuk mengantisipasi karhutla. Perusahaan pun juga telah menyiapkan peralatan memadai guna mengantisipasi karhutla,” ucap Iskandar.

Keseriusan Pemkab OKI dalam mengantisipasi karhutla, terlihat dengan telah dialokasikannya anggaran sebesar Rp3miliar. Dana itu selain diperuntukkan untuk cost operasional petugas, juga untuk persiapan perlengkapan mengantisipasi karhutla.

Sementara itu, Kapolres OKI AKBP Ade Harianto menambahkan hingga saat ini sudah ada satu orang yang diduga melakukan tindak pembakaran hutan dan lahan.

“Seperti kebakaran di Tulung Selapan, sudah kita proses secara hukum. Ini dimaksudkan untuk memberikan efek jera agar kejadian pembakaran hutan dan lahan tidak terulang. Ya, dalam hal ini, tidak ada kata toleransi. Semua pelaku akan diproses secara hukum,” jelas Kapolres.

Dandim 0402 OKI/OI Letkol Inf Seprianizar menuturkan dalam beberapa bulan terakhir ini, penanganan pencegahan karhutla terus diintensifkan, mulai dari sosialisasi dan dalam bentuk pencegahan.

“Kami tidak ingin kejadian kebakaran hebat di OKI tahun 2015 terulang lagi. Bahkan OKI, Sumsel pengekspor asap ke negara tetangga. Ya, tapi kalau sudah kejadian, tidak ada tawar menawar lagi. Bahkan seperti di Kabupaten Ogan Ilir, kami berlakukan tembak ditembak,”paparnya.(red)



ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

3 comments:

  1. PROMO MERDEKA 2017 FREEBET POKERVITA
    SEGERA JOIN BBM : D.8.E.B.7.E.6.B
    www,P`0`K`E`R`V`1`T`A,com
    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    UPDATE

    ReplyDelete
  2. butuh dana cuma bermodal 15.000 mari gabung di poker terpercaya hanya di ion_QQ,pin BB 58ab14f5.

    ReplyDelete
  3. Come On Join With Us Now !!! sabung ayam online WA : +6281377055002 | BBM : D1A1E6DF | BOLAVITA

    ReplyDelete