Luar Biasa! Atlet Panjat Tebing Indonesia Kiromal Katibin Kembali Pecahkan Rekor Dunia

Kiromal Katibin pecahkan rekor dunia panjat tebing. (Foto: Instagram/@ifsclimbing)

CHAMONIX – Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin, berhasil memecahkan rekor dunia speed. Dia menorehkan catatan waktu lima 5,00 detik.

Catatan ini membuat Kiromal Katibin kembali pecahkan rekor dunia. Sebelumnya, dia menorehkan rekor dengan catatan waktu 5,04 detik.

Rekor barunya ini Kiromal raih di babak kualifikasi Men’s Speed IFSC Climbing World Cup 2022 (Piala Dunia Panjat Tebing). Adapun lokasi ajang tersebut dihelat di Chamonix, Prancis, pada Jumat 8 Juli 2022 waktu setempat.


Informasi tersebut didapat dari akun Instagram resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FTPI). Dalam video yang diunggah, mereka memperlihat aksi Kiromal bak Spiderman. Atlet asal Batang itu tampil sangat cepat sehingga sukses mempertajam rekor dunia yang sebelumnya juga dia raih.

Rekor dunia sebelumnya yang diraih Kiromal saat tampil di Villars, Swiss, pada 30 Juni 2022. Kiromal mencetak rekor dunia dengan waktu 5,04 detik.

Kiromal tampak belum mau berhenti memecahkan rekor dunia. Atlet berusia 21 tahun itu sukses mempertajam rekornya dengan waktu 5,00 detik. Tentu saja, ini kabar yang sangat gembira karena dia lagi-lagi mampu mengharumkan nama bangsa lewat aksinya memanjat tebing.

Bisa dibilang, Kiromal merupakan spesialis pemecah rekor dunia. Bagaimana tidak, ini adalah kelima kalinya dia berhasil memecahkan rekor dunia.

Kiromal mulai memecahkan rekor dunia pada 29 Mei 2021 kala beraksi di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Kiromal pecahkan rekor dunia dengan waktu 5,25 detik. Kemudian, dia melakukannya lagi di Seoul, Korea Selatan, pada 6 Mei 2022 dengan waktu 5,17 detik.

Lalu di Salt Lake City, pada 27 Mei 2022, dia mempertajam catatannya menjadi 5,10 detik. Kemudian, dua rekor dunia lainnya diukirnya di Villars 5,04 detik dan mempertajam rekor di Chamonix kali ini 5,00 detik.

Dengan semua pencapaiannya ini, Kiromal diharapkan mampu mempertahankan konsistensinya. Dengan begitu, dia bisa tampil di Olimpiade 2024.(okezone.sport)


No comments

Powered by Blogger.