Jokowi: Saya Mutar ke Banyak Provinsi Lihat Harga Pangan Stabil

Jokowi mengklaim telah berkeliling ke banyak provinsi selama Ramadan dan melihat langsung harga bahan pangan stabil, bahkan harga sejumlah komoditas menurun. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berkeliling ke banyak provinsi selama Ramadan dan melihat langsung harga bahan pangan stabil, bahkan harga sejumlah komoditas menurun.

Hal itu ia katakan saat meninjau kesiapan fasilitas mudik di Pelabuhan Merak sambil mengecek harga bahan-bahan pokok di Pasar Kelapa, Cilegon, Banten.

"Saya memutar sudah di banyak provinsi, jadi kalau melihat harga-harga stabil. Kemarin di Boyolali justru bawang merah, bawang putih, telur, turun semuanya," kata Jokowi di Pelabuhan Merak, dikutip dari Antara, Selasa (11/4).

Sebelum ke Banten, Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah (Jateng). Ia sempat meninjau harga pangan di Pasar Cepogo, Boyolali dan menemukan data harga kebutuhan pokok di sana turun menjelang Lebaran 2023.

"Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah mengecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati Lebaran seperti apa? Ternyata yang di sini yang kita lihat turun semuanya," ujar Jokowi, kemarin (10/4).

Harga sejumlah kebutuhan pokok yang turun antara lain, cabai rawit, telur, bawang putih, dan daging ayam. Penurunan harga tersebut karena banyaknya pasokan produksi di daerah tersebut.

Ia juga mengecek stok dan harga pangan di Pasar Legi, Solo, Jawa Tengah. Secara umum, harga-harga bahan pokok juga turun.

"Kayak telur, telur sudah Rp25 ribu, sebelumnya di atas Rp30 ribu, bawang merah juga sama turun (jadi) Rp26 ribu, ada yang Rp25 ribu, kemudian bawang putih juga sama turun, Rp24 ribu," ujarnya.

Beras juga dijual lebih murah meskipun penurunannya belum terlalu signifikan. Jokowi berharap harga beras dapat turun lebih rendah lagi seiring dengan banyaknya panen raya.

"Beras juga turun meskipun masih antara 300-400 perak tapi sudah turun. Nah, ini kalau panennya makin banyak, panen raya makin banyak, kita harapkan harganya bisa turun lagi sehingga inflasi makin kecil," katanya.(CNN Indonesia)


No comments

Powered by Blogger.