PRABUMULIH oganpost.com-Demi peningkatan daya saing bisnis yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), di tengah pandemi COVID-19 saat ini, Kelurahan Majasari menggelar pameran produk unggulan UMKM. Bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Prabumulih, kegiatan pameran Majasari UMKM Expo 2021 dengan tema " Buatan Lokal Berdaya saing global" ini juga akan menghadirkan sejumlah pembicara berkompeten dan profesional di bidangnya masing-masing.

Agenda pameran yang rencananya akan dilaksanakan pada November 2021 tersebut lebih berfokus pada sejumlah produk UMKM lokal dari setiap kelurahan/desa di kota Prabumulih. Namun demikian, pihak Panitia yang dikonfirmasi portal ini mengaku tidak menutup kemungkinan membuka diri bagi daerah lain untuk memamerkan produk UMKM nya di Majasari UMKM Expo 2021.

Lurah Majasari, Susi Windasari SKm, yang merangkap sebagai Ketua Panitia kegiatan kepada portal ini mengaku bahwa Konsep yang diusung dalam gelaran Majasari UMKM Expo 2021 adalah edukasi. Dimana nantinya kata dia, panitia akan menghadirkan narasumber-narasumber berkompeten untuk berbagi ilmu meningkatkan kualitas produk sehingga mampu bertahan ditengah gempuran produk luar yang murah meriah.

"Jadi konsepnya tidak hanya sekedar pameran saja. Lebih dari itu kita ingin pelaku UMKM Lokal dapat bertahan di tengah gempuran produk luar melalui edukasi dan solusi modal usaha pasca diterjang pandemi COVID-19 dengan menghadirkan mitra usaha seperti Perbankan dan BUMN. Dari sana diharapkan akan lahir pelaku-pelaku UMKM yang tangguh dengan produk lokal berdaya saing global. Sehingga kemudian perekonomian masyarakat dapat kembali mormal setelah sempat mati suri pasca Pandemi," ujarnya, Kamis (21/10/2021).

Dikatakannya, selain edukasi dan solusi permodalan melalui kredit usaha peebankan, pelaku UMKM di Majasari Expo 2021 diharapkan bakal mendapatkan income atau pendapatan melalui kegiatan Bazar. Artinya, seluruh produk UMKM yang dipamerkan bisa dibeli oleh pengunjung jika berminat dan tertarik.

"Di Majasari UMKM Expo 2021 ini, kami tidak hanya menampilkan produk unggulan UMKM dari tiap Kelurahan/desa. Namun, dalam kegiatan ini juga akan ada keuntungan yang didapatkan oleh pelaku UMKM, baik itu bagaimana cara pengembangan usaha maupun cara menggandeng kemitraan untuk pendanaan usaha," terang Susi.

Tidak tanggung-tanggung, di agenda Majasari UMKM Expo 2021, pihak panitia juga turut menggandeng Dekranasda Kota Prabumulih, Bank Sumsel Babel, PT Pertamina Hulu Rokan, PT. Indotirta Sriwijaya Perkasa yang memproduksi Air mineral dalam kemasan (AMDK) sebagai narasumber di acara pameran yang menyangkut peningkatan kualitas produk, pemasaran, permodalan, teknis brand dan sertifikasi SNI kepada pelaku UMKM.

Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Kota Prabumulih Tian Kadampuan Yamin yang dikonfirmasi menyangkut kerja sama panitia dengan pihaknya mengaku siap mensupport kegiatan. Menurutnya, visi panitia Majasari UMKM Expo 2021 sejalan dengan program Bank Sumsel Babel sehingga pihaknya siap untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan tujuan peningkatan dan penguatan ekonomi masyarakat.

" Kegiatan ini sangat bagus bagi pelaku UMKM, untuk itu kami siap mensupport dan mensukseskan Majasari UMKM Expo 2021," terang Tian Kadampuan Yamin Selaku Kepala Cabang Bank Sumsel Babel Prabumulih.

Sementara itu, Abdullah Donny, selaku Ketua SMSI kota Prabumulih sekaligus juga Sekretaris kegiatan berharap melalui Majasari UMKM Expo 2021, semua produk unggulan produksi UMKM semakin berkembang dan siap bersaing menjadi produk berkelas yang bisa menembus pasar nasional.

"Sejalan dengan program kerja SMSI untuk menjadi mitra para pelaku UMKM, kami berharap melalui kegiatan ini produk lokal dapat dikenal di kancah Nasional" pungkasnya.(SMSI Prabumulih)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

0 comments: