9 Manfaat Nanas untuk Kesehatan


Nanas merupakan buah tropis berwarna oranye yang memiliki rasa lezat dan bergizi. Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini dinamai "pineapple" (nanas) karena kemiripannya dengan buah pinus (pine cone). 

Nanas umumnya dinikmati dalam keadaan padat, kering atau meminumnya dalam olahan jus. Kandungan nutrisi dalam nanas memiliki manfaat kesehatan, seperti melancarkan pencernaan, mempercepat pemulihan dan meningkatkan kesuburan alat reproduksi.

 Apa saja manfaat buah nanas bagi kesehatan tubuh?

Kandungan nutrisi nanas Berikut nutrisi yang terkandung dalam semangkuk nanas dengan berat 165 gram, dilansir dari Healthline: 

1. Protein: 1 gram 
2. Karbohidrat: 21,6 gram 
3. Serat: 2,3 gram 
4. Vitamin C: 88 persen dari kebutuhan harian (DV) 
5. Mangan: 109 persen 
6. Vitamin B6: 11 persen 
7. Tembaga: 20 persen 
8.Tiamin: 11 persen 
9. Folat: 7 persen 
10.Kalium: 4 persen 
11.Magnesium: 5 persen 
12.Niasin: 5 persen
13. Asam pantotenat: 7 persen 
14. Riboflavin: 4 persen 
15. Zat besi: 3 persen 

Selain nutrisi tersebut, nanas juga mengandung sejumlah kecil fosfor, zinc, kalsium, serta vitamin A dan K.

Manfaat buah nanas bagi kesehatan Berikut ini adalah manfaat mengkonsumsi nanas bagi kesehatann tubuh: 

1. Mengandung antioksidan 
Nanas merupakan buah yang kaya akan nutrisi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Mengkonsumsi nanas dapat menghindari tubuh terkena stres oksidatif yang dapat membuat peradangan kronis, melemahkan kekebalan tubuh, penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

2. Melancarkan pencernaan 
Kandungan enzim bromelain pada nanas dapat membantu memperlancar pencernaan karena dapat memecahkan protein daging yang keras. Selain itu, nanas merupakan sumber serat yang baik untuk membantu kesehatan pencernaan.

3. Mengurangi risiko kanker 
Selain bermanfaat untuk pencernaan, enzim bromelain juga dapat mengurangi risiko terkena kanker dengan meminimalkan stres oksidatif dan mengurangi peradangan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bromelain juga dapat membantu mengobati kanker yang telah berkembang.

4. Meningkatkan kekebalan 
Selama berabad-abad, nanas telah digunakan sebagai obat untuk pengobatan tradisional. Kandungan vitamin, mineral dan enzim bromelaian secara kolektif dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan. Bagi orang yang mengkonsumsi nanas dapat menurunkan risiko terkena infeksi virus dan bakteri.

5. Meringankan peradangan sendi 
Sifat anti-inflamasi bromelain dapat meredakan nyeri pada orang yang menderita peradangan sendi. Selain itu, senyawa tersebut juga dapat membantu Anda untuk melindungi degradasi jaringan tulang rawan.

6. Mempercepat pemulihan 
Mengkonsumsi nanas dapat mengurangi waktu pemulihan setelah melakukan olahraga atau bahkan setelah melakukan operasi. Beberapa penelitian juga menunjukkan kandungan pada nanas dapat mengurangi pembengkakan dan memar. Selain itu, protease seperti bromelain dapat mempercepat pemulihan otot setelah olahraga berat dengan mengurangi peradangan di sekitar jaringan otot yang rusak.

7. Meningkatkan kesuburan alat reproduksi 
Dilansir dari Medical News Today, mengkonsumsi nanas dapat meningkatkan kesuburan alat reproduksi karena kandungan antioksidan yang menangkal radikal bebas. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dapat merusak sistem reproduksi pada manusia. Antioksidan dalam nanas, seperti vitamin C dan beta-karoten, mineral tembaga , zinc, dan folat dapat mempengaruhi kesuburan pria dan wanita.

8. Menjaga kesehatan kulit 
Nanas dapat dikonsumsi atau dioleskan pada kulit untuk membantu melawan kerusakan kulit akibat matahari dan polusi. Kandungan vitamin C menjadi bagian penting dalam pembentukan kolagen yang dapat mengurangi kerutan dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

9. Mencegah asma
Nutrisi beta-karoten dapat mengurangi risiko terkena asma. Beta-karoten sering ditemukan pada nanas, manga, pepaya, brokoli, melon, labu dan wortel.(KOMPAS.com)


No comments

Powered by Blogger.