Anggaran Makan Minum Kesbangpol OKI Diduga Mark-Up,JPKP OKI : Itu Patut dipertanyakan

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com – Anggaran makanan dan minuman Jamuan Tamu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (kesbangpol) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun anggaran 2023 dalam realisasinya diduga Mark - Up dan patut di pertanyakan.

Pasalnya, dugaan ini muncul ketika Ketua Jaringan Pendamping Kinerja Pemerintah (JPKP) Kabupaten OKI , AliMusa menilai anggaran makan minum jamuan tamu kesbangpol OKI Tahun Anggaran 2023 Tak Wajar.


“Kecendrungan analisis penggelembungan anggaran pada dana makanan dan minuman jamuan tamu. Dalam 3 kegiatan kesbangpol oki menghabiskan anggaran Rp.155.400.000 untuk jamuan tamu, Kita lihat pada laporan dibulan Juni tahun 2023 dalam satu laporan tersebut kesbangpol oki menghabiskan  Rp. 139.960.000 hanya untuk Makan dan minum Tamu,” katanya di kantor SMSI OKI Kamis,(27/4/2024).


Pihaknya masih mempertanyakan agenda apa yang di selenggarakan oleh Kesbangpol oki. Bisa jadi ini salah satu penyebab kebocoran Kas Daerah akibat penggelembungan dana makan dan minum.


“Sempat kami cek di media sosial mungkin saja ada Riwayat publikasi terkait kegiatan kesbangpol oki dibulan juni hingga agustus tahun 2023 yang menghabiskan anggaran ratusan juta tersebut, Namun sampai kini kami belum menemukan untuk apa anggaran sebesar itu. Ya,Dugaan ini memang belum sampai pada unsur tindak pidana Korupsi.” ujarnya


Sementara itu Kepala Badan (Kaban) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten OKI, H. Irawan Sulaiman saat di konfirmasi diruang kerjanya Selasa (30/4/2024) mengatakan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk kegiatan Paskibraka Kabupaten OKI tahun 2023.


“Setelah saya buka, itu kegiatan untuk paskibraka ,bayangkan saja paskibraka itu orang berapa dan panitia nya orang berapa. Jadi itu untuk kegiatan paskibraka tahun kemarin” ucap irawan


Lanjut dirinya menambahkan bahwasannya anggaran ratusan juta tersebut mencakup seluruh kegiatan paskibraka dan anggaran tersebut masih dalam proses audit. “Jadi itu selama kegiatan, mulai dari tahap seleksi hingga penutupan dan itukan terpisah makan minumnya sekian untuk penginapannya sekian nah itu keseluruhan. Anggarannya telah selesai namun Audit nya masih berjalan.” pungkasnya (RIO)

No comments

Powered by Blogger.