OKI Siagakan 145 Rumah Tunggu Kelahiran

Bupati OKI Dan Jajarannya Fhoto Bersama Warga
OKI Kayuagung oganpost.com-Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir menyiapkan 145 unit rumah tunggu kelahiran. Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) merupakan upaya pemerintah setempat untuk menekan angka kematian ibu dan bayi melahirkan.

“Setiap ibu dan bayi melahirkan harus mendapat pelayanan kesehatan. Setidaknya dengan berada di RTK ini mereka telah dekat dengan fasilitas dan layanan kesehatan,” ujar Bupati OKI, Iskandar, SE saat meresmikan rumah tunggu kelahiran desa Sukadarma Kecamatan Jejawi, Senin (21/3).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKI, H.M. Lubis, M. Kes mengatakan Kabupaten OKI menjadi yang pertama di provinsi Sumsel yang sudah melaksanakan program pusat ini. Sebelun itu menurutnya Pemkab telah menyiapkan rumah singgah bagi warga yang berobat di RSUD Kayuagung.

“Rumah tunggu dibuat untuk mengatasi persoalan "Tiga Terlambat " yaitu, terlambat mengetahui persoalan, terlambat merujuk, dan terlambat penanganan. Tiga persoalan ini banyak menyebabkan ibu hamil meninggal dunia," kata Lubis.

Dikatakannya, pelayanan di rumah tunggu meliputi pemeriksaan kehamilan, imunisasi ibu hamil dan bayi baru lahir. Pemeriksaan ibu dan bayi pascamelahirkan, serta pemeriksaan antenatal. “Kita berharap keberadaan RTK ini mampu menekan angka kematian ibu melahirkan dan mencapai cakupan pelayanan kelahiran yang ditolong tenaga kesehatan.,”ungkap Lubis(ziz)


No comments

Powered by Blogger.