# Dari Desa Membangun Bangsa # Permudah Akses Layanan Kesehatan Hingga Pelosok # Buka Akses Pesisir Timur Berhasil Muluskan Jalan Sepucuk
KAYUAGUNG OKI oganpost.com-HUT Kabupaten OKI ke 72 bertepatan dengan 3,5 tahun pemerintahan yang dipimpin Bupati OKI H Iskandar berjalan,pembangunan infrastrukutur pedesaan terus dilakukan termasuk di sektor ketenaga listrikan terus digenjot,melalui program listrik desa rasio elektrifikasi masyarakat OKI meningkat hingga 92 persen dari 75 persen pada tahun 2013.

“Energi listrik itu jadi ciri sebuah daerah itu sudah merdeka atau belum, untuk itu kita berupaya mengoptimalkan elekrifikasi masyarakat OKI,sejak 2015 lalu kita sudah memasok listrik untuk masyarakat di tiga kecamatan Air Sugihan, Sungai Menang dan Cengal,”ujar Bupati OKI H Iskandar SE dalam kata sambutannya di rapat Paripurna DPRD OKI dalam rangka HUT OKI ke 72 di Gedung DPRD OKI, Rabu(11/10/2017).

“Sejak dua tahun terakhir Pemkab OKI menggenjot rasio elektrfikasi masyarakat melalui pembangunan jaringan transmisi listrik desa sepanjang 103,96 kilometer dan 546 unit jaringan listrik tenaga surya,melalui program ini Pemerintah Kabupaten OKI mampu mengentaskan tiga kecamatan dari keterisoliran energi listrik, yaitu Kecamatan Cengal, Sungai Menang dan Air Sugihan,”paparnya.

Dikesempatan yang sama H Iskandar juga mengatakan kebijakan membangun OKI dari Desa menjadi transformasi yang pundamental untuk menempatkan desa sebagai subyek pembangunan,“Di tahun pertama kami fokus meletakkan pondasi pembangunan yang kokoh, yaitu transformasi fundamental Desa Sentris karena membangun OKI haruslah dimulai dari desa,”ucapnya.

Di tahun 2017 tanbah Iskandar, anggaran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang dikucurkan ke desa mencapai Rp 267 Milyar,artinya setiap desa di OKI menerima anggaran mencapai 1 Milyar per desa,”Melalui dana desa ini, Pembangunan di desa bergerak semakin cepat,”tuturnya.

Selanjutnya dibidang kesehatan sambung dia,banyak terobosan yang dilakukan pemerintah daerah Kabupaten OKI untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya,”Salah satu upaya kita untuk pemerataan dibidang kesehatan adalah program 1 Desa 1 Poskesdes,dimana jumlah sarana kesehatan ditingkat bawah ini terus kita tingkatkan bahkan sudah tuntas di tahun 2017,dengan adanya poskesdes ini tentunya kesehatan masyarakat akan terjaga dengan baik,”katanya.

Bukan itu saja yang diprogramkan ,jelas dia perbaikan infrastruktur jalan salah satunya yang menjadi prioritas, yaitu ruas Kayuagung-Sepucuk-Pedamaran Timur yang menjadi akses utama bagi warga empat kecamatan,Sungai Menang, Pedamaran Timur, Cengal, Mesuji Raya menuju Ibu Kota Kabupaten di Kayuagung.

“Sejak bertahun-tahun lalu jalan ini menjadi momok bagi warga yang melintas,berlumpur ketika disiram hujan dan berdebu di musim panas,ruas jalan yang membentang sepanjang 38 Km ini mulanya hanya jalan rintisan tanah timbun di hamparan hutan gambut ,namun kondisinya saat berbanding terbalik,jalan tersebut sudah dicor beton,”jelasnya. Diakhir kata sambutannya Bupati OKI H Iskandar memintah dan memohon kepada gubernur Sumatera Selatan untuk melihat serta memperhatikan kondisi jalan Provinsi yang berada di Kabupaten OKI dimana ucap dia,kondisinya sekarang sudah sangat butuh perhatian dan butuh perbaikan.(aziz)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

1 comments:

  1. BERGABUNGLAH BERSAMA DENGAN KAMI DI B O L A V I T A . VIP

    BANYAK BONUS & PROMO DI SETIAP HARINYA!!!

    WA : +62812-22-22-995
    BBM : B O L A V I T A / D 8 C 3 6 3 C A

    ReplyDelete