Lindasari Iskandar Siap Menggali Potensi Seni Didaerah OKI

OKI oganpost.com - Ny Lindasari Iskandar, selaku Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), kedepan akan berupaya mamajukan kesenian di Bumi Bende Seguguk agar kesenian di OKI dapat lebih dikenal masyarakat luar. diungkapkannya usai dilantik Bupati OKI, Iskandar SE, Rabu (26/11) di Pendopoan rumah dinas Bupati.

Lanjutnya kedepan tugas dewan kesenian akan lebih berat. Oleh karena itu, kata dia, dirinya berharap seluruh pengurus dewan kesenian dapat menjalankan tugasnya sesuai fungsi." Mari kita bekerjasama bahu-membahu memajukan kesenian di OKI ini," ajaknya.

Masih kata dia, dewan kesenian merupakan bagian dari mitra pemerintah Kabupaten OKI yang ikut berperan membantu menyuksesan pembangunan pemerintah setempat, melalui kearifan lokal seni budaya yang dapat menyelaraskan serta mengangkat dan menjunjung nilai-nilai ketimuran melalu kegiatan berkesenian.

Menurutnya, kesenian juga tidak hanya menjadi simbol dalam pelestarian budaya. Tetapi juga bisa dijadikan lapangan pekerjaan bagi para pemuda di OKI melalui minat dan bakat sesuai yang dimiliki." Dalam hal ini pemerintah sangat mendukung pemajuan kesenian, melalui berbagai kegiatan seperti even tahunan, yaitu seni midang dan berbagai jenis kesenian lainnya. Kita juga telah memiliki sentra kerajinan di setiap kecamatan. Nah, kedepan tugas kita untuk memajukannya agar lebih dikenal dimasyarakat luar," ujarnya

Pada kesempatan itu juga, Ketua Dewan Kesenian Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), M Jonsen dalam sambutannya mengatakan, dewan kesenian berfungsi sebagai pelestarinya nilai - nilai kesenian yang berada di daerah itu sendiri, karena kesenian tidak luput dari hiruk pikuk dalam kehidupan keseharian kita." untuk itu kami meminta agar dewan kesenian yang berada di daerah OKI agar dapat merawat, menjaga dan melestarikan nilai - nilai seni di OKI, salah satunya rumah limas yang berada di daerah kita," tuturnya

‎ia menghimbau kepada dewan kesenian yang baru agar lebih aktif untuk menggali nilai - nilai seni di daerah." Untuk nilai seni yang sudah layak di tampilkan hendaknya untuk di promosikan dengan berkolaborasi dengan pemda atau pun Pemprov untuk meminta bantuan," ungkapnya sembari mengatakan, bisa ada kemungkinan seniman kita bisa berlenggak lenggok ke kanca internasional.

Bupati OKI, Iskandar SE, dalam kesempatan itu yang juga turut melantik langsung Ketua dan Pengurus Dewan Kesenian OKI, mengucapkan selamat atas pelantikan tersebut." Saya ucapkan selamat atas dilantiknya Ketua dan Pengurus Dewan Kesenian, semoga kedepan bisa menjalankan tugas dan fungsinya dalam mamajukan kesenian di OKI," kata bupati.

Acara pelantikan tersebut dihadiri juga oleh Ketua Dewan Kesenian Provinsi Sumsel, M Jonsen, serta seluruh FKPD di OKI dan dimeriahkan oleh berbagai tarian siswa dari beberapa sekolah di Kayuagung.(iik)

No comments

Powered by Blogger.