Tingkatkan Kualitas IBI Gelar Seminar

PALI,oganpost.com- Memperingati ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke 64, IBI kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), bekerja sama dengan pemerintahan,adakan acara seminar tentang Kompetensi Kebidanan.

Acara ini dihadiri oleh Penjabat bupati Pali Drs. H Apriyadi MSi, Jajaran SKPD, ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) sumsel, ketua IBI kabupaten PALI Kasmiati Amked, dan Kadinkes Kabupaten pali dr Eni Zatillah MKm , camat Talang Ubi Asrohi Sos, MH serta seluruh kader IBI di 5 kecamatan, kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Pesos Komperta Pendopo.Kamis (29/10).

Dikatakan Penjabat Bupati PALI; Drs. H Apriyadi MSi, kegiatan ini hanya sebatas seminar saja, untuk memberikan wawasan kepada bidan, tentang meningkatkan kualitas kompetensi, menurut Peraturan kementrian kesehatan dengan nomor 1464 tentang standar kompetensi dan kualifikasi kebidanan untuk meningkatkan kualitas Bidan itu sendiri.

"Dirinya berjanji akan memasukkan anggaran perencanaan pembelanja daerah (APBD), untuk menggelar suatu kegiatan khususnya dunia kesehatan, apalagi jumlah tenaga kerja kesehatan masih minim, dan fasilitas pun masih minim, "ujarnya.

Sementara itu diungkapkan Ketua IBI Kabupaten Pali, Kasmiati Amked, disini pihaknya bekerja sama dengan IBI Provinsi Sumsel, untuk menggelar kegiatan seminar kompetensi kebidanan, dan setiap tahun menggelar kegiatan ultah organisasinya.

Dia menambahkan untuk anggaran kegiatan ini menggunakan dana organisasinya, tanpa bantuan pemerintahan, sebab anggaran belum masuk di APBD pemkab Pali, dan biasa IBI menggelar kegiatan diantaranya kegiatan sosial, kegiatan KB, dan seminar.

"Kami berharap kedepannya, bupati hendaknya memasukkan anggaran ke organisasi ini,untuk menggelar kegiatan kesehatan, sebab sekarang ini IBI masih menggunakan anggaran sendiri, tanpa bantuan pemerintah setempat,”ucap Kasmiati

Terpisah dr Eni Zatillah Kadinkes Kabupaten Pali, selaku monitoring dunia kesehatan, dan pembina tenaga kesehatan, sudah sepatutnya untuk mensuport kegiatan ini,”Dalam upaya peningkatan kompetensi tenaga kesehatan melalui seminar seperti ini,bidan harus meningkatkan profesional kerja, serta ingat akan rambu-rambu sesuai permenkes 1464 tahun 2010,”tuturnya.(putra)

No comments

Powered by Blogger.