27 Kelompok Pangan Ikut Pelatihan Pembuatan Kerupuk

Kerupuk Jangik
MUBA - Demi mempercepat ekonomi kerakyatan terwujud Pemkab Musi Banyuasin (Muba) melalui Badan Ketahanan Pangan (BKP) mengelar pelatihan pembuatan kerupuk dan cara penyablonan dalam kemasan pangan olahan kepada 27 kelompok pangan dari lima kecamatan ,demikian dikatakan kepala badab ketahanan pangan melalui kepala bidang agrobisnis dan Sumber Daya Pertanian BKP, Ir Budi Rahmad Jumat (12/9)

Lanjut dia,dalam rangka kegiatan pelatihan kelompok pangan olahan dan pembuatan kerupuk/kemplang, dan cara penyablonan dalam pengemasan pangan olahan tersebut telah dilaksanakan sejak 9 September,,”Pelatihan ini diikuti sebanyak 27 kelompok yang berasal dari Lima kecamatan yaitu, kecamatan Sungai Lilin, Sekayu, Sanga Desa, Bayung Lincir,dan Lalan. Dengan menghadirkan narasumber dari pihak Dinas Koperasi, Dinas Perindustrian Muba, Dinas Kesehatan,”ujarnya.

Untuk praktek cara pembuatan kerupuk atau kemplang BKP Muba mengajak peserta untuk melihat langsung ketempat pembuatan kemplang yang ada di Desa Bumi Ayu, Kecamatan Lawan Wetan. Karena desa ini salah satu desa yang ada di Muba yang banyak memproduksi kemplang/kerupuk dan juga pernah mengikuti magang pembuatan kerupuk/kemplang di palembang.

Kita berharap kedepan semakin banyak masyarakat dapat mengembangkan industri kecil menengah khususnya membuat pangan olahan. Sehingga secara langsung dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,sambungnya.

Siska salah satu peserta pelatihan mengatakan senang dengar digelar pelatihan, dan apa yang dilaksanakan saya menyetuh masayarakat langsung khussnya kami para pekerja swasta,”kami berharap bukan hanya pelatihan namun inpestasi langsung berupa mudal dapat di berikan demi terealisasi apa yang di sosialisasikan pada kami,”ungkap nya.(sof)






No comments

Powered by Blogger.