Ratusan Siwa Rantau,Transpotasi Gunakan Perahu Ketek

Siswa Gunakan Transportasi Ketek
BANYUASIN - Ratusan siswa dari tingkat sekolah menengah pertama dan menengah atas di Banyuasin sarana transpotasinya menuju tempat sekolahnya masih harus menggunakan jasa perahu ketek,demikian yang dialami siswa asal Kecamatan Rantau Bayur Banyuasin Sumsel.

Iin salah satu siswi SMPN Rantau Bayur mengatakan sudah tahun ketiga ini setiap hari berangkat maupun pulang sekolah menggunakan sarana transpotasi dengan penyeberangan perahu ketek seperti ini. " Mulanya saya takut tetapi setelah setiap hari bahkan sudah berjalan tahun ketiga ini sudah biasa, padahal saya tidak bisa berenang", terangnya dengan nada kecapekan saat dibincangi wartawan senin(15/9) .

Bersama rekan sedesanya kata Iin, sejak kelas VII hingga sekarang kesekolah selalu membawa bekan nasi untuk makan siang. Karena disepanjang perjalanan kami, tidak ada warung yang berjualan makanan termasuk nasi. Selain itu biaya bisa lebih irit,”Kalau ongkos kami bayar bulanan setiap siswa sebesar Rp.300 ribu,dimana rombongan kami ada 11 siswa,”ujarnya.

Demikian juga pengakuan Jusron siswa SMK di Banyuasin II, dia menjelaskan semenjak masuk SMP dirinya sudah sekolah di Banyuasin III, jadi kalau saya dari rumah naik ketek ini, kemudian ke SMKnya saya naik sepeda motor berboncengan dengan adik,”Yang lama kami sampai dirumah dari pangkalan ketek ini menuju kerumah, sebab kami harus berjalan kaki sejauh 2,5 km,”katanya.

Kami berdua sengaja tidak indekos, sebab kalau sore harus membantu kedua orang tuanya diladang, karena untuk membantu biaya transport,kalau sepeda motor kami titip disekitar dermaga dan sudah lama tetapi kami juga membayar setiap bulan Rp.150.000,- ditambah upah penyebrangan Rp.300 ribu," Jadi kalau kami pulang sekolah tidak membantu orang tua keladang kami tidak bisa membayar ongkos ketek maupun titipan sepeda motor",jelasnya.

Mereka berharap agar proyek pembangunan jembatan Penghubung yang sudah dipasang tiang pemancang itu dilanjutkan. Namun sayangnya hingga akhir tahun ini pekerja kontraktornya tidak terlihat ada aktipitasnya,”andai kata, bangunan jembatan itu cepat selesai tentu biaya kami bisa lebih hemat, “cetus Imron yang juga hendak menyeberang.(adi)


1 comment:

  1. mau mendapatkan uang lebih dari bermian game kartu online gabung sekarang juga di sini
    Agen judi online Donacopoker
    daftar Donacopoker
    donacpoker
    bandar qq donacopoker
    bonus 2kali sehari yang bisa kalian dapatkan sebesar 5% dan bonus new member 10%
    hanya di www.donacobet.com atau bisa hubungi langsung kontak di bawah ini
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +85515875229

    ReplyDelete

Powered by Blogger.