HUT Ogan Ilir Ke-11,Mimpi Terwujud Pembangunan Berkembang

OGAN ILIR,oganpost.com- Peringatan Hari Ulang Tahun(HUT) Kabupaten Ogan Ilir(OI)Ke-11 yang dilaksanakan kamis(8/1/15)melalui Rapat Paripurna Istimewa 1DPRD tahun siding 2015 berlangsung meriah.

Selain dihadiri Bupati OI ,Wakil Bupati OI, Ketua,Wakil Ketia dan anggota DPRD OI,Sekda OI,SKPD OI,Unsur Muspida OI,Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OI, dan ribuan undangan lainnya dan masyarakat OI,turut hadir Gubernur Sumatera Selatan Ir.H.Alex Nurdin,anggota DPR RI Julian Gunhar perwakilan dari Sumatera Selatan, anggota DPD RI perwakilan dari Sumatera Selatan,Bupati se Kabupaten/kota di Provinsi, ,dan Ketua Tim penggerak PKK Sumatera Selatan,.

Sebelum sidang paripurna istimewa dimulai, terlebih dahulu dilakukan penanda tanganan prasasti, menandai peresmian Gedung DPRD OI oleh Gubernur Sumatera Selatan Ir. H Alex Noerdin dan Bupati OI Ir. H Mawardi Yahya.

Selanjutnya, paripurna istimewa 1 DPRD Kabupaten OI tahun sidang 2015, dibuka langsung oleh Ketua DPRD OI Drs H Ahmad Yani, MM didampingi Wakil Ketua Drs. Ahmad Syafei dan Wakil Ketua Wahyudi,ST.

Dalam sambutannya, Ahmad Yani mengatakan bahwa menata pembangunan tidak akan berhasil tanpa dukungan semua pihak, termasuk dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan,”ini merupakan tahun sidang pertama HUT OI oleh anggota DPRD periode yang baru,tentunya kami ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan rangkaian acara memeriahkan HUT OI ke 11 ini,”ujarnya.

“Untuk Even Asean Games yang akan berlangsung tahun 2018 mendatang, Kabupaten OI akan mendukung penuh dan siap mensuksekan acara tersebut,”tambanya.

Sementara itu, Bupati OI Ir. H Mawardi Yahya dalam sambutannya mengatakan,kita sama-sama sudah mewujudkan mimpi lama yan selama ini merupakan mimpi masyarakat OI ingin memajukan Bumi Caram Seguguk,“Mimpi dan cita-cita awal masyarakat ingin memekarkan diri dari Kabupaten OKI,alhamdulillah cita-cita itu terwujud dapat memisahkan diri dari Kabupaten OKI. Dan terbentuklah Kabupaten Ogan Ilir, tepatnya setelah keluar undang-undang otonomi untuk Kabupaten OI pada tanggal 7 Januari 2004 lalu,” terangnya.

Lanjut dia,Begitu resmi menjadi Kabupaten OI dan terbentuknya pemerintahan Kabupaten OI. Segera dilakukan pemetaaan dari desa hingga tingkat kecamatan. Desa pun terus dimekarkan dan sekarang telah menjadi 241 desa/kelurahan. Sementara kecamatan yang awalnya hanya ada 6, sekarang telah menjadi 16 kecamatan.

menyusul pemetaan lain, baik fasilitas pendidikan, dengan melakukan pendidikan gratis dan mendukung sarana dan prasarana pendidikan.

“Dibidang kesehatan pun, sudah kami bangun poskesdes-poskesdes kesehatan. begitu juga masalah penerangan, masyarakat sudah dialiri listrik, hanya ada dua desa lagi yang belum tersentuh aliran listrik, yaitu Desa Lebak Segonang dan Sungai Ondok, karena letak desa tersebut di tengah lebak perairan,”paparnya..

Sambung dia,Pemerintah akan tetap mengusahakan listrik di kedua desa tersebut,“Kita usahakan tahun depan akan menikmati aliran listrik, baik itu melalui jaringan listrik maupun PLTS,”jelasnya.

Dikatakan dia,Fasilitas lainnya yang tak kalah pentingnya dan harus disiapkan untuk menunjang pembangunan di Kabupaten OI,itu masih menjadi satu mimpi yang belum terwujud, yaitu pembangunan Masjid Raya di Komplek Perkatoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai yang belum selesai.

“Saya harapkan kepada Gubernur Sumsel untuk menyelesaikan pembangunan masjid tersebut,tak hanya itu harapan kita tentu juga OI harus ambil bagian pada acara Asean Games pada tahun 2018 mendatang,”pinta Bupati

Diakui dia, keberhasil yang sekarang diraih Itu awalnya hanya bermodalkan tekad dan semangat, sehingga Kabupaten OI mampu bersaing dengan Kabupaten/kota lainnya,“2025 Kabupaten OI harus menjadi kabupaten terbaik, OI sudah sejajar dengan kabupaten lain,”ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel Ir H.Alex Noerdin, memuji mimpi Mawardi Yahya belasan tahun silam tatkala dia masih menjabat sebagai Ketua DPRD OKI,“Setelah 12 tahun, akhirnya mimpi itu terwujud, yang terpenting punya semangat untuk membangun bersama Ogan Ilir dan Sumatera Selatan,” kata Alex Noerdin.

Ketika melihat langsung Komplek Perkantoran Terpadu (KPT) Tanjung Senai, Alex Noerdin terkagum-kagum karena sangat luar biasa,satu satunya ruang paripurna yang ada di Indonesia, berada di Pesona Tanjung Senai,“Namun yang terpenting lagi, tuntutan masyarakat lebih besar dengan fasilitas yang sekarang lebih lengkap,untuk itu kinerja anggota DPRD OI harus lebih maksimal,” pesan Alex Noerdin. Ditambahkan dia, fasilitas yang sudah sangat memadai harus didukung SDM yang baik. SDM-nya harus lebih mampu, dalam artian antara fasilitas dan SDM yang ada harus seimbang,“Silahkan bersaing sehat dengan Kabupaten lain yang ada di Sumsel,paling tidak pada akhirnya akan terwujud Sumsel Gemilang,” pungkas Alex

No comments

Powered by Blogger.