Tahun Ini, IDC Prediksi Penjualan Smartphone Global Menurun


Teknozone oganpost.com - Penjualan smartphone sangat pesat sekali pada beberapa tahun terakhir dengan pertumbuhan hingga 27.8% dari tahun 2013 ke tahun 2014. Pada tahun berikutnya, penjualan smartphone juga meningkat hingga 10.5% dari tahun 2015 ke tahun 2016. Tapi berdasarkan analisis dari IDC, penjualan smatphone global dari tahun 2015 ke tahun 2016 diprediksi hanya meningkat sebesar 3.1% saja.

IDC menganggap predisksi penurunan perkembangan penjualan smartphone global ini dipicu karena pasar smartphone sekarang ini cepat sekali jenuh dan terlalu lamanya siklus produk smartphone oleh produsen smartphone. Dalam prediksi yang dirilis oleh IDC menunjukkan bahwa pengiriman produk Apple iOS akan mengalami penurunan untuk pertama kalinya sebesar 2% dan pengiriman Windows Phone diprediksi akan mengalami penurunan yang sangat drastis yaitu sebesar 61.6%.









Menariknya smartphone Android akan diprediksi meningkat market sharenya sebesar 6.2%. Selain itu IDC juga memprediksi total pengiriman smartphone secara global pada tahun ini adalah sebanyak 1.48 milyar unit.

IDC juga memprediksi bahwa smartphone dan phablet yang memiliki layar berukuran besar akan mengalami peningkatan market share sebesar 10% dikarenakan pengguna nantinya akan lebih nyaman mengakses fitur multimedia dengan layar smartphone yang lebih besar.

IDC pun juga memperkirakan bahwa smartphone iPhone 6 Plus dan 6S Plus akan lebih banyak terjual dibanding model iPhone 6 dengan ukuran layar yang lebih kecil. Bisa disimpulkan dari hasil prediksi IDC, sepertinya kedepan pengguna smartphone akan lebih menyukai menggunakan smartphone dengan ukuran layar yang lebih besar dan saat ini pun mulai banyak produsen smartphone yang merilis smartphone mereka dengan minimal ukuran layar yang lebih besar. (bz)
Add to Anti-Banner

No comments

Powered by Blogger.