Dewan OKI Kecam Keras Aksi Premanisme

Abdiyanto Fikri
OKI Kayuagung oganpost.com-Abdiyanto Fikri, SH Anggota DPRD OKI dari Dapil III Tulung Selapan,Cengal dan Pangkalan Lampam mengecam keras aksi premanisme yang meresahkan masyarakat yang melintasi jalan diperbatasan Desa Air Rumbai dan perbatasan Desa Rambai Kecamatan Pangkalan lampam serta diperbatasan Desa Riding dan Desa Jerambah Rengas Kecamatan Tulung Selapan.

Hal ini menyusul banyaknya keluhan masyarakat yang kerap melintasi jalan di empat desa tersebut karena sering dilakukan pememalakan dan dipintai sejumlah uang dengan cara paksa oleh oknum yang diduga preman.

Dijelaskan Abdiyanto, hal ini sudah berlangsung lama bahkan mereka ini bikin posko keamanan seakan-akan mereka ini legal,"Kita berharap pemerintah desa setempat bisa melaikukan koordinasi dengan pihak kepolisian kalau memang tujuannya baik harus dibina akan tetapi kalau memang sudah meresahkan masyarakat apalagi ada unsure pemaksaan ya harus dibinasakan,”ujarnya.

Dikatakan dia,disatu sisi alas an mereka ini bagus karena di daerah itu sering terjadi pembegalan tapi disisi lain mereka ini sudah meresahkan apalagi meminta sejumlah uang bahkan sampai Rp 50ribu setiap pengendara yang lewat. “Seharusnya jangan ada unsure pemaksaan berapapu orang mau ngasih ya diterima jangan mematok harga Rp50ribu kan kasihan masyarakat setiap lewat harus bayar,”cetusnya.

Terkait permasalahan ini kata Abdianto, dirinya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa dan pihak kepolisian setempat guna menindak lanjuti aksi pemalakan itu jangan sampai masyarakat merasa resah. “Yang kita khawatirkan ini terjadi pembegalan gaya baru,”jelasnya.

Menurut masyarakat setempat aksi pemalakan ini berdalih untuk melindungi dan memberikan keamanan kepada masyarakat dari perampok, Bahkan para preman ini mendirikan Pos Keamanan di setiap perbatasan desa yang dihuni oleh tiga orang sampai enam orang setiap pos

“Mereka mewajibkan para pengguna jalan untuk memberikan uang yang diminta mulai dari Rp.10ribu hingga Rp.50ribu. Apabila masyarakat yang lewat tidak memberikan uang maka para preman ini akan memberhentikan kendaraan secara paksa serta tidak segan-segan menggunakan kekerasan kepada mereka yang tidak memberikan uang,”ungkap salah satu sumber.

Sumber yang mengalami sendiri kejadian tersebut mengaku diberhentikan secara paksa oleh dua orang preman yang berada dalam pos dan meminta uang sebesar Rp.20.000,- sebagai jasa keamanan karena telah melintas. “Dengan terpaksa saya memberikanya takut di apa-apakan oleh preman tersebut dan melanjutkan perjalanan pulang ke tulung selapan,"ungkapnya.(ziz)


No comments

Powered by Blogger.