Sekda PALI Buka Pemusatan Pelatihan Calon Paskibraka


Sekretaris Daerah Robby Kurniawan bersama calon Paskibraka kabupaten PALI Tahun 2016
PALI, oganpost.com - Setelah melalui beberapa tahapan seleksi yang di mulai sejak April 2016 oleh Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporpar) Kabupaten PALI, akhirnya sebanyak 33 siswa dari seluruh SMA/MA/SMK yang ada di wilayah Bumi Serepat Serasan terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang akan bertugas pada peringatan HUT kemerdekaan RI, 17 Agustus mendatang.
 
Sekda PALI Robby Kurniawan pada Senin (1/8) membuka pelaksanaan pemusatan pelatihan dan pendidikan calon Paskibraka Kabupaten PALI di gedung Pesos komplek Pertamina Pendopo.

“Paskibra adalah suatu wadah penggemblengan atau pendidikan bagi siswa yang terpilih sebagai pengibar bendera nanti pada hari 17 Agustus. Ikuti kegiatan ini sebaik-baiknya, jaga kepercayaan karena tidak semua dapat kesempatan ini,” pesan Sekda.

Ditambahkanya, bahwa kegiatan ini bukan hanya upaya persiapan pengibar bendera saja, tetapi lebih dari itu sebagai ajang untuk menunjukan jati diri kabupaten ini dan sebagai upaya membentuk karakter pemuda masa depan sebagai pemegang estafet pembangunan dimasa depan.

“Setelah ini ada pengukuhan Paskibraka sebagai bentuk kesiapan kalian untuk mengibarkan bendera nantinya. Kegiatan ini banyak manfaatnya, salah satunya mendidik kedisiplinan serta menumbuhkan rasa nasionalisme. Buktikan bahwa kalian layak menjadi anggota Paskibraka dan buktikan juga kita tidak kalah dengan Paskibraka wilayah lain. Walau kita diam di kampung, tapi kita tidak kampungan,” imbuhnya.

Sekda sembari mengenang masa lalunya berharap, akan ada diantara para anggota Paskibraka Pali 2016 ini yang menjadi seorang pemimpin.

“Saya ingat 15 tahun lalu, saya berdiri sama seperti ini dan hari ini bisa menjadi pembina, dan tidak menutup kemungkinan kalau diantara kalian bisa seperi saya. Jangan cepat puas dengan kondisi yang ada, bekali dengan keterampilan, tumbuhkan semangat membangun, agar potensi yang ada di PALI bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran masyarakat,” tandasnya.


Sementara itu, Darmawi Kepala Disporpar Kabupaten PALI menjelaskan bahwa selama kegiatan dilangsungkan, ke 33 calon Paskibraka di karantina sebelum pengukuhan.

“Awalnya ada 34 calon Paskibraka, namun satu orang ditarik menjadi calon pengibar bendera di provinsi. Mereka akan dikarantina mulai hari ini di hotel Nurtania golf Pendopo sebelum pengukuhan dan sampai tanggal 17 Agustus nanti,” jelas Darmawi.

Pada kesempatan itu, Ketua Pelaksana Patisman SPd MSi, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT Pertamina EP Asset II Pendopo Field, yang telah meminjamkan gedung sebagai tempat dilaksanakannya acara. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pelatih, baik itu dari kepolisian, koramil maupun kakak pembina paskibraka tahun 2015.

“Dalam penyeleksian hanya 34 orang yang terpilih, dan 1 orang petugas paskibraka di kirimkan ke tingkat provinsi Sumsel untuk mengikuti penyeleksian tingkat Provinsi, dari 34 orang petugas terdiri dari 16 putra dan 18 putri. Dalam persiapan nantinya, seluruh petugas paskibraka akan dibina dan diberikan ilmu pengetahuan tentang baris berbaris, serta cara menaikan dan menurunkan bendera,” ujarnya. (Putra)

No comments

Powered by Blogger.