Ketua DKP Vebri Al Lintani klarisifikasi isu pemusnahan Gending Sriwijaya
PALEMBANG, oganpost.com-Rapat lanjutan terkait klarifikasi 'Memusnahkan' Tarian Gending Sriwijaya'Yang dihadiri oleh ketua Dewan Kesenian Kota Palembang Vebri Al-Lintani`

“Pada saat rapat tidak ada membahas untuk 'memusnahkan' Tarian Gending Sriwijaya melainkan untuk menambah Kreasi Tari baru yaitu Tari 'Sambut Palembang Darussalam' diakuinya memang ada, akan tetapi ini baru Wacana dari Kepala Dinas Kebudayaan Kota Ir. Sudirman Teguh,”kata ketua dewan kesenian kota Palembang Vebri Al-Lintani selasa(21/3) .

Sementara Yai Beck, juga menjelaskan bahwa pada saat rapat di tanggal 13 maret 2017 tidak ada membahas untuk memusnahkan Tari Gending Sriwijaya melainkan untuk menambah tarian dengan Kreasi Baru yaitu Tarian Sambut Palembang Darussalam.

Menurutnya antara ia dan Ana Komari memang sedikit terjadi Kesalahpahaman mengenai Tari Tepak Keraton,”Ana Komari pencipta Tari Tepak Keraton sedikit berdebat dengan Yaii Beck (Kms. Anwar Beck, BA) bahwa dia rela apabila Tari Tepak Keraton dilupakan, dikubur bukan Tarian Gending Sriwijaya yang akan dimusnahkan,”ujarnya.

Hal senada seperti yang disampaikan oleh Husni Karana Seniman Tari Palembang bahwa di dalam rapat tersebut tidak membicarakan mengenai 'Pemusnahan' Tari Gending Sriwijaya' tidak ada pembicaraan untuk memusnahkan Tari Gending Sriwijaya,” Tidak mungkin untuk memusnahkan Tarian Gending Sriwijaya yang telah melegenda,”tegasnya
 
Sartono seorang Guru Seni Budaya di Kota Palembang yang mengikuti proses rapat juga menerangkan bahwa pada saat rapat berlangsung tidak ada membicarakan persoalan untuk 'memusnahkan' Tari Gending Sriwijaya,”Saya siap untuk bersaksi apabila nantinya diperlukan untuk proses penyidikan,”ucapnya

Sedangkan, Elly Rudi seorang Seniman (Dosen) / Mantan Penari Gending Sriwijaya pada tahun 1962 juga menjelaskan bahwa tidak ada Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang mengatakan untuk 'memusnahkan' Tarian Gending Sriwijaya seperti yang diberitakan oleh Media On Line tersebut,” Tari Gending Sriwijaya ini sudah terkenal dan bahkan sudah mendunia,yang jumlah pesertanya 9 orang kalau yang aslinya,”tuturnya.(are)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

1 comments:

  1. DAPATKAN FREECHIP DAN FREEBET !!

    DENGAN BONUS DAN CASHBACK HINGGA 10 % !!!!

    MARI BERGABUNG DENGAN KAMI WWW.BOLAVITA(titik)PRO

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    ReplyDelete