Pelatihan RPJMDes Suka Damai
PALI oganpost.com- Kegiatan Pelatihan Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMdes) Desa Suka Damai, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI selasa(25/07/17). 

Camat Talang Ubi Dedi Suryanto Fuadi SH dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan (Ekobang) Rahman SH dalam penyampaian materi menjelaskan, pembangunan harus diprioritaskan untuk kepentingan masyarakat banyak. Selain itu, masyarakat harus dilibatkan dalam pekerjaan dan pembangunan didesa. Rencana pembangunan terdiri dari jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Pembangunan harus diprioritaskan yang paling urgent, sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Rahman menambahkan, pembangunan yang telah dikerjakan harus dipertanggung- jawabkan, oleh sebab itu pembangunan benar-benar yang dibutuhkan atau bermanfaat bagi warga masyarakat serta anggaran yang digunakan harus sesuai dengan peruntukannya. Rencana pembangunan desa selanjutnya bisa dicantumkan atau disampaikan pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) desa, Musrenbang kecamatan dan Musrenbang Kabupaten.

Pada sesi tanya jawab, Kepala Urusan (Kaur) Pembangunan Desa Suka Damai Maryanto menanyakan, bagaimana cara membuat usulan jika Kepala dusun tidak punya atau tidak mau menyampaikan usulan,menurut Rahman, sebaiknya kepala desa memberikan pengertian kepada kadus atau warganya untuk menyampaikan usulan atau aspirasi, baik dalam hal pembangunan fisik maupun pembangunan non fisik.

Kaur Ketentraman dan Ketertiban desa Suka Damai Putra menanyakan tentang perihal fungsi pengawasan dari Kecamatan dan Pendamping Desa, Rahman selaku pihak dari kecamatan menjelaskan, seharusnya pihak kecamatan dilibatkan sejak awal proses pembangunan. Jadi kecamatan mengetahui seluk-beluk dari awal sampai akhir pelaksanaan pembangunan, sehingga fungsi pengawasan benar-benar bisa diterapkan.

Sementara itu Kepala Desa Suka Damai Rianto Rusli mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan pelatihan pemberdayaan Dana Desa,“Pelatihan ini semoga bermanfaat bagi perangkat desa, demi menuju desa Suka Damai yang baik dan sejahtera,anggaran kegiatan ini sendiri menggunakan anggaran dana desa tahun 2017,”ungkap Kades.

Kegiatan Pelatihan Penyusunan RPJM Desa Suka Damai diikuti dari Unsur BPD, Perangkat desa, Karang Taruna dan unsur desa lainnya.(putra)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

3 comments:

  1. Gabung yuk di F*a*n*s*B*E*T*T*I*N*G
    Ini pin bbmnya 5ee80afe :D

    ReplyDelete
  2. Promo Kemerdekaan & Asian Games di FIFAPOKER
    Dengan Deposit 100rb Bisa Claim 20rb
    Ayo Daftarkan Segara di Fifapoker
    Dapatkan Bonus New Member 20%
    Khusus Promo Kemerdekaan & Asian Games

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +6281326993756
    Website : Fifapoker .co

    ReplyDelete
  3. Promo Edisi Natal Dan Tahun Baru
    Dapatkan Bonus Deposit Harian 2x
    Promo Dari Tanggal 25 Des - 1 Jan
    Yuk Daftar Sekarang : fifapoker .me

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : CSID303
    Whatsapp : +628125522303

    Hal Yang Paling Penting Jika Hobby Poker

    Promo Bonus ID303
    Ayam Birma Asli

    ReplyDelete