iklan

Dandim 0402/OKI-OI Canangkan Kampung Pancasila di Desa Suka Pulih

OKI KAYUAGUNG oganpost.com-Dandim 0402/OKI Letkol Inf Hendra Saputra S. Sos.,M.M.,M.I.Pol, mencanangkan Kampung Pancasila dalam rangka Mengangkat kembali nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara di Desa Suka Pulih Kecamatan Pedamaran Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumsel, Sabtu (26/02/2022).

Dandim mencanangkan Desa Suka Pulih OKI sebagai Kampung Pancasila, dimana program ini di prakarsai langsung dari Komando Atas, dalam hal ini Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., yang telah menyampaikan kepada seluruh jajaran untuk membuat kampung Pancasila yang berada di salah satu kabupaten untuk menjadi contoh dalam menegakkan kembali nilai-nilai Pancasila sebagi pedoman rakyat Indonesia dalam berbangsa dan bernegara.

Dandim mengatakan pencanangan Desa Suka Pulih OKI sebagai Kampung Pancasila di mana kampung ini akan melaksanakan berbagai macam kegiatan yaitu menyangkut kearifan lokal, menumbuhkan jiwa Patriot dan nasionalisme, seperti kegiatan Kegotong royongan yang cukup kental merupakan salah satu nilai luhur dalam Pancasila, kesenian Lokal.

“Desa Suka Pulih akan dijadikan sebagai salah satu contoh tauladan untuk menjadi Kampung kampung lainnya, harapannya dengan adanya Kampung Pancasila ini maka nantinya bisa berdampak positif kepada seluruh Desa khususnya Desa di wilayah Ogan Komering Ilir. sehingga nantinya seluruh masyarakat Kabupaten OKI bisa menumbuhkan dan memiliki jiwa nasionalisme dan kepatriotan serta dapat menumbuhkan kembali jiwa gotong royong di lingkungannya,”ujarnya.

Dikatakan dia kampung Pancasila ini nantinya akan banyak memuat kegiatan-kegiatan yang positif,"Kita juga akan buatkan kegiatan rutinitas seperti misalnya kegotong-royongan setiap minggunya melalui Karya Bakti, kegiatan seni yang dilakukan oleh masyarakat dan Pemuda  serta Kegiatan kebersamaan dalam menjaga keamanan desa sehingga mereka bisa terus saling berbaur dan terciptanya jiwa kebersamaannya,”ungkap Dandim.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Suka Pulih Imam Farul Rozi menyampaikan pemerintah desa bersama masyarakat Desa Suka Pulih siap mendukung dan mensukseskan apa yang menjadi program dari Dandim, yang mana Desa Suka Pulih dipilih menjadi Kampung Pancasila,"Warga masyarakat kami masih menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila seperti kegotong-royongan,”ucap Kades.(SMSI OKI/Aziz)

No comments

Powered by Blogger.