Jelang Harganas, DPPKB OKI Gelar Layanan KB Serentak Sejuta Akseptor


OKI KAYUAGUNG oganpost.com-Guna memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) pada 29 Juni mendatang, Pemerintah Daerah Kabupaten OKI melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) gelar pelayanan KB serentak sejuta akseptor untuk pengendalian penduduk di OKI yang lebih berkualitas.

"Pelayanan KB serentak ini dapat membantu meringankan biaya masyarakat akseptor dan mensukseskan program KB serta menekan pertumbuhan penduduk,"terang H M Lubis SKM MKes, Kepala DPPKB OKI. Rabu(15/06/2022).

Pelayanan KB serentak ini, terdiri dari pelayanan IUD (Intra Uterine Device) 1 akseptor, Implan 53 akseptor, Pil 159, Suntik 117 dan 6 alat kontrasepsi untuk Kecamatan Mesuji Raya, antusiasme warga Mesuji Raya untuk mengikuti program KB sudah cukup baik untuk mewujudkan keluarga yang terencana, sehat dan bahagia.

Lebih lanjut, Lubis mengatakan pelayanan KB serentak sejuta akseptor yang berpusat di Kantor Camat Mesuji Raya ini membuat masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan layanan dalam berkontrasepsi. Sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini berakibat pada peningkatan jumlah peserta KB aktif maupun peserta KB baru.

“Pelaksanakan pelayanan serentak sejuta akseptor yang digagas oleh DPPKB Kabupaten Ogan Komering Ilir adalah agar kebutuhan akan alat kontrasepsi bagi Pasangan Usia Subur (PUS) bisa terpenuhi, hal ini juga dimaksudkan untuk melindungi kehamilan yang tidak diinginkan atau kehamilan yang beresiko," imbu Lubis.

Lubis menyampaikan pelayanan KB serentak ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke 29 untuk menciptakan keluarga yang sejahtera dan pengetahuan akan pentingnya keluarga sebagai sumber kekuatan dalam membangun bangsa dan negara.

Sementara itu, Koordinator Bidang Latbang Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Selatan, Drs. Dharma Wijaya, MM mengatakan hari pelayanan KB serentak bukan hanya di Kabupaten OKI saja, tetapi juga dilaksanakan serentak di seluruh indonesia. Hal ini menjadi bukti keseriusan untuk mengendalikan penduduk dan mencapai manfaat optimal Indonesia Emas 2045.

"Pembangunan keluarga yang sehat harus direncanakan melalui KB. Karena itu, saya berharap warga bisa memanfaatkan kegiatan ini, sehingga bisa memiliki keluarga yang sehat., BKKBN Provinsi Sumatera Selatan mendukung program kependudukan maupun pembangunan keluarga di Kabupaten Ogan Komering Ilir,"tandasnya.(red)


No comments

Powered by Blogger.