iklan

Peduli Kesehatan, Satgas TMMD Kodim 0402/OKI Beri Penyuluhan Stunting ke Warga

OGAN KOMERING ILIR oganpost.com-Sebagai wujud peduli dengan kesehatan Ibu dan balita, Satgas TMMD Ke - 115 Kodim 0402/OKI memberikan penyuluhan Stunting kepada ibu-ibu hamil di Desa Cahya Bumi Kecamatan Lempuing Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sabtu (29/10/2022).

Penyuluhan dalam rangka program sasaran non fisik TMMD Kodim 0402/OKI ini, melibatkan Satgas TMMD Kodim 0402/OKI yang disampaikan oleh Penyuluh Ibu Sandra Wati, A.Md.Kep dari Puskesmas Cahaya Maju Kecamatan Lempuing dan didampingi oleh Pasi Teritorial Kodim 0402/OKI Kapten Inf Ade Webysana. 

Dalam penyuluhannya, Ibu Sandra Wati mengatakan, bahwa, Stunting adalah kegagalan pertumbuhan akibat akumulasi ketidak cukupan zat gizi yang berlangsung lama dari kehamilan sampai usia 24 bulan. Maka itu, kondisi ini bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak secara keseluruhan.

"Stunting, adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya. Penyebab utama Stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia 2 tahun,"terang Ibu Sandra.

Ibu Sandra Wati menambahkan, untuk dampak jangka pendek, Stunting adalah terganggunya perkembangan otak, kecerdasan dan gangguan pada pertumbuhan fisik serta gangguan metabolisme.

"Sedangkan, dampak jangka panjangnya, Stunting yang tidak ditangani dengan baik sedini mungkin akan menurunkan kemampuan kognitif otak, kekebalan tubuh lemah, sehingga mudah sakit dan risiko tinggi munculnya penyakit metabolik seperti kegemukan, penyakit jantung serta penyakit pembuluh darah,"ungkap Ibu Sandra.

No comments

Powered by Blogger.