Sosialisasi Amdal Kab.OKU Serap Tenaga Kerja Lokal

BATURAJA OKU - Untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup di Kabupaten OKU rabu(1/10) BLH OKU adakan sosialisasi Amdal ( Anilisis Dampak Lingkungan Hidup) untuk Kabupaten OKU ,acara yang dipusatkan di Bill Hotel Baturaja di buka oleh asisten I setda Kabupaten OKU Mirdaili. SSTP, kepala BLH Arman SE, dengan tamu undangan Camat Baturaja Barat, Camat Baturaja Timur, Lurah,Kades , dan tokoh masyarakat.

Acara ini dititik beratkan pada masalah Amdal dan diskusi serta tukar pendapat untuk menjadikan Amdal di Kabupaten OKU bisa menjadi lebih baik dan terjaga kelestarianya,dalam diskusi ini menerangkan tentang rencana pembangunan pabrik PT. Semen Baturaja yang awalnya memiliki kapsitas 1.500 ton pertahun menjadi 3.400 ton pertahun , hal ini di maksudkan permitaan produksi semen yang semakin meningkat dari tahun ketahun, dan berdasarkan Persetujuan prinsip yang di keluarkan oleh Bupati OKU nomor : 540/ 031/I/ 2014 Persetujuan prinsip perluasan pabrik peningkatan kapasitas produksi PT. Semen Baturaja.

Sebagai manfaat dari kegiatan peningkatan kapasitas produksi antara lain sebagai penggerak pembangunan daerah dan wilayah , menciptakan lapangan kerja baru dan memacu pertumbuhan perekonomian daerah dan pengembangan wilayah PT.Semen Baturaja (persero )dengan mengunakan teknologi terbaru yang ramah lingkungan , hemat energi dan efisien dengan menerpakan teknologi inline calciner (ILC) yang memiliki efisiensi yang sangat tinggi hingga mencapai 99,9 % dengan emisi debu < 30 mg/Nm.

Sebagai mana yang diungkapkan oleh Asisten I Mirdaili SSTP, dalam kata sambutanya mengatakan bahwa untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dalam pembangunan Pabri PT. Semen Baturaja perlu ada koordinasi yang benar-benar optimal untuk kelestarian lingkungan hidup di Kabupaten OKU dengan meminimalisir dampak negativ dan dampak positif yang di timbulkan oleh pembangunan pabrik ini, “diharapakan dengan pembangunan pabrik ini bisa menyerap tenaga kerja di Kabupaten OKU dengan komitmen dan kerjasama dengan dinas tenaga kerja Kabupaten OKU, agar tidak ada lagi kesenjangan sosial terhadap tenaga kerja yang ada di Kabupaten OKU, sebagai harapan agar CSR yang diadakan oleh PT.Semen Baturaja bisa diharapkan oleh warga yang membutuhkan tanpa ada kesenjangan sosial dari masyarakat sekitar pemukiman pabrik PT.Semen Baturaja,”terangnya.

Sebagai acuan dari pembangunan pabrik maka pihak konsultan PT.Semen Baturaja telah berkerjasama dengan seluruh dinas SKPD yang ada di Kabupaten OKU baik dari dinas PU CK, Dinas pertambangan, Dinas Bappeda dan Dinas –Dinas lain untuk terwujudnya lingkungan pabrik yang sehat dan rama lingkungan.

Akan tetapi sangat disayangkan hasil dari diskusi Amdal ini banyak keluhan yang timbul dari masyarakat ataupun dinas dan baik itu Camat. Lurah, tokoh masyarakat tidak dilibatkan dan tidak bisa menikmati hasil dari bantuan PT.Semen Baturaja yang berupa dana CSR, dana desa , sembako gratis pada hari raya yang tidak sesuai dengan yang berhak menerima bantuan tersebut dan hanya memetingkan golongan ataupun pribadi seseorang hal ini mungkin dari pihak PT.Semen Baturaja kurang koordinasi dan pengawasanya (tik )

No comments

Powered by Blogger.