Jalan Gubah Layaknya Kolam Ikan

PALI - Hampir lima tahun warga Desa Talang Bulang, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), terus mengeluhkan kondisi Jalan Gubah yang sangat memperhatinkan, disaat musim hujan jalan tersebut tergenang air dan musim kemarau mengeludak debu.

Pantaun wartawan Jalan alternatif yang menghubungan antar Desa Talang Bulang, Kabupaten PALI dan Desa Teluk Lubuk Kabupaten Muaraenim, digenangi air sedalam 30 centimeter layaknya seperti kolam ikan serta dibagian sisi jalan tidak ada parit sama sekali, serta aspal yang pecah.

“Kondisi Jalan Gubah sangat memperhatinkan,”Kalu di luputke ikan pacak jadi kolam”karena hampir lima tahun jalan tesebut rusak parah belum ada tanda - tanda akan di perbaiki,”keluh Tukiman warga setempat, Minggu (9/10).

Lebih lanjut Tukiman membeberkan bahwa salah satu penyebab rusaknya Jalan Gubah ini dikarenakan tidak ada parit untuk mengalirkan air pasca terjadinya hujan, “akibatnya jalan tergenang air serta dilewati kendaraan roda dua dan empat, membuat jalan tersebut semakin rusak parah,”ujarnya.

Tambah dia,Kami berharap kedepan jalan ini menjadi perhatian serius oleh dua pemerintah Kabupaten Pali maupun Muara Enim, supaya memperlancar aktifitas masyarakat yang melalui jalan ini,"Awalnya jalan cuma digenang air, kemudian aspal menjadi retak-retak, setelah dilewati mobil dan motor kondisi aspal hancur serta membuat jalan seperti kubangan hewan karbau,"tutur Tukiman.

Sambung dia, tidak hanya musim hujan yang menjadi masalah, akan tetapi pada musim kemarau pun Jalan Gubah sangat mengganggu aktifitas warga karena mengeluarkan butiran debu yang bertebaran,"Jalan ini (Gubah) sangat tidak layak, musim hujan digenang air dan musim kemarau butiran debu bertebangan,"ungkapnya.

Hal senada dikatakan Mardi warga setempat, dampak Jalan Gubah yang digenangi air, menyebabkan kondisi halaman rumah menjadi kotor akibat percikan air yang disebabkan oleh pengendara yang melintas di Jalan Gubah,"Halaman rumah kami jadi kotor akibat terkena percikan genagan air yang dilewati pengendara, air genangan jalan ini (Gubah), bisa kering setalah satu pekan hujan tak turun," kata Mardi.(wito)

1 comment:

Powered by Blogger.