OKI Tahun 2015 Gelar Pilkades Serentak Di 151 Desa

OKI KAYUAGUNG,oganpost.com-Sebanyak 151 desa di 18 Kecamatan dalam Kabupaten OKI, pada tahun 2015 ini akan menggelar pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) secara serentak. Hal ini diungkapkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) OKI, Nursula, SSos melalui Kabid Pemerintahaan Desa/Kelurahan dan Kelembagaan, Fauzan Nasrul, Senin (12/1).

Kata Fauzan, pelaksanaan Pilkades serentak mengacu pada undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa dan PP nomor 43 tahun 2014.” Untuk teknisnya kami masih menunggu Permendagri, dan saat ini kami sudah menyusun Raperdanya.” ujar Fauzan.

Banyaknya jumlah desa yang menggelar Pilkades tahun ini, karena pada tahun 2014 tidak dilaksanakannya Pilkades karena pelaksanaan Pilpres. ” Desa yang menggelar Pilkades kebanyakan yang sudah habis masa jabatannya di tahun 2014.”katanya.

Sementara di tahun 2015 ini Kabupaten OKI juga akan siap menerapkan program satu desa satu miliar. Disinggung mengenai teknis pelaksanaanya sendiri Fauzan enggan berbicara mengenai itu.”Kalau soal itu maaf saya tidak bisa bicara karena bukan bidang saya, itu masalah keuangan. Kita juga tidak tahu apakah program itu disetujui oleh pemerintah pusat.”ungkapnya.

Untuk pelaksanaan Pilkades sendiri, kata Fauzan dipastikan pada pertengahan tahun antara bulan Juli dan Agustus. ” Insyaallah bulan Juli dan Agustus.” sambungnya, seraya mengatakan nanti pihaknya akan memerintahkan pihak desa untuk segera membentuk panitia Pilkades di setiap desa.

Terpisah Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Lebuk Rarak, Kecamatan Pedamaran, Hervan Ndo (45), untuk di Pedamaran sendiri sudah ada beberapa desa yang akan menggelar Pilkades di tahun 2015 ini, salah satunya Desa Pedamaran 6. Menurut Hervan, bursa Pilkades tahun ini akan banyak calon yang maju dibanding tahun sebelumnya. ” Ini tak lain karena daya pikat program satu desa satu miliar, sehingga mereka berlomba-lomba ingin maju jadi kepala desa.” terang Hervan.

Seperti di Pedamaran 6, sambung Hervan, tahun sebelumnya hanya 3 calon yang maju. Sementara tahun ini akan lebih dari 3 calon. ” Yang aku tahu, inkamben, Kait, Muli, Sarman, Ridianto, Sulek, istri sekdes Pedamaran 6, Sukri  mereka itu semua bakal maju.”ucap Hervan seraya mengatakan mereka maju tak lain tergiur dana satu desa satu miliar yang merupakan program janji kampanye bupati OKI, Iskandar SE kepada warga.

Lanjut dia, para calon kades tersebut, umumnya masih muda dan dinilai tidak ada pengalaman dalam berorganisasi di kemasyarakatan.” Ibaratnya ayam baru turun yang belum punya belum lebat, meraka itu yang mau maju. Namun itu hak mereka, yang penting kalau terpilih mereka bisa menjalankan amanah. Kalau tidak mampu siap siap saja untuk mempertanggung jawabkannya.” tambahnya.

Sementara Muli, calon kades tahun sebelumnya yang kalah dalam Pilkades Pedamaran 6, menyatakan akan mencalonkan dirinya kembali untuk Pilkades tahun 2015.” Saya akan maju lagi, apapun yang terjadi.”tandasnya.(ziz/tim)

No comments

Powered by Blogger.