Diduga Perencanaan Kurang Matang,Poskesdes Terbengkalai

OKI KAYUAGUNG,oganpost.com-Pembangunan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Desa Terusan Menang, Kecamatan SP Padang, Kabupaten OKI yang dikerjakan tahun 2014 terbengkalai dan tidak selesai sehingga tidak bisa difungsikan sesuai kegunaannya.

Pihak pelaksana dinilai dalam mengerjakan proyek bangunan itu tidak mengacu pada perencanaaan tepat. Sehingga dana proyek yang menghabiskan ratusan juta lebih itu tidak selesai.

Terlebih lagi, proyek pembangunan tersebut bukan menggunakan dana APBD OKI melainkan menggunakan dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang semestinya dapat diperuntukan bagi kepentingan lain, mengingat dana pembangunan sebuah Poskesdes cukup besar.

Informasi yang diperoleh dari lapangan, Rabu (21/1/2015) bangunan Poskesdes itu dibangun diatas lokasi rawa-rawa dengan konstruksi bertiang, saat ini barus selesai lantai saja yang dicor semen. Sementara dinding dan atas serta lainnyya belum selesai. Bila kondisi ini tidak ada dana bantuan lagi, otomatis proyek tersebut mubazir.

” Kalau memang itu proyek menggunakan PNPM mengapa dibangunkan Poskesdes, kan bisa dibangunkan yang lain. Soalnya kalau mau bangun Poskesdes bisa mengusulkan ke Dinas Kesehatan, itu kan ada pos anggarannya.” ujar Toni warga SP Padang.

Bangunan yang berdiri diatas lahan rawa itu, sampai saat ini pengerjaannya terhenti. Kemungkinan karena dananya telah habis. Sementara pengamatan di lapangan tidak ada tanda-tanda apakah pengerjaanya akan dilanjutkan.

“Sekarang terbengkalai, kita tidak tahu itu akan dilanjutkan atau tidak, harusnya perencanaan lebih tepat.” Katanya.

Kepala Dinas Kesehatan OKI, HM Lubis SKM MKes, melalui Kabid Bina Program, Iwan Setiawan, dikonfirmasi mengenai proyek Poskesdes yang tidak selesai itu, mengatakan, proyek itu bukan bersumber dari dinasnya, melainkan dari dana pusat melalui PNPM Mandiri Pedesaan.

“Kalau itu bukan tanggung jawab kita, itu dananya bersumber dari PNPM.”ujar Iwan.

Sementara itu Camat SP Padang Zulkarnain, melalui Sekretarisnya, Agma Yuska YS, membenarkan adanya pembangunan poskesdes yang belum selesai, menurutnya dana pembangunan poskesdes itu masih ada namun karena untuk sementara Program PNPM Pedesaan ini dihentikan sejak tanggal 31 Desember 2014 maka uang tersebut tidak bisa dicairkan sehingga pembangunan belum bisa dilanjutkan. “Dibangun di Terusan Menang karena disana ada yang menghibahkan tanah, dan masyarakat sangat memerlukan Poskedes.” Ujarnya.
 
Menurutnya, dirinya tidak mengetahui secara persis berapa nilai dana yang telah dikeluarkan untuk pembangunan poskesdes, termasuk jumlah yang masih ada,“Itu ada panitianya dikecamatan, saya sebagai Sekretaris Camat (Sekcam) hanya mengetahuinya saja,” katanya.(ziz/tim)

1 comment:



  1. HASIL SURVEY MEMBUKTIKAN BAHWA AGENS128 ADALAH SITUS RESMI TARUHAN BOLA & SABUNG AYAM TERBAIK SEJAK 2017

    BUKTIKAN SENDIRI & JANGAN LUPA KLAIM BONUSNYA !!!

    INFO LEBIH LENGKAP, LANGSUNG KLIK : KONTAK AGENS128
    (BBM) : AGENS128
    (WhatsApp) : 085222555128

    ReplyDelete

Powered by Blogger.