Indahnya Kebersamaan di Hari Kemerdekaan

Semarak karnaval budaya merayakan Hari Kemerderkaan Republik Indonesia di kecamatan Kota Kayuagung kabupaten OKI

OKI Kayuagung, oganpost.com - Hiruk pikuk kemeriahan hadir di sejumlah kegiatan yang digelar Pemkab Ogan Komering Ilir (OKI) untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia melalui beragam kemasan acara.

Tidak hanya mengedepankan kemeriahan, setiap acara tersebut selalu menyisipkan makna penting dari kebersamaan, bersatu, dan perjuangan baik yang dilaksanakan menjelang dan pada Hari Kemerdekaan.

“Beragam cara kita memperingati Hari Kemerdekaan ini tentu tidak sekadar ritual, tetapi juga merupakan momentum paling tepat untuk meningkatkan semangat persatuan dan kesatuan, menjaga silaturahmi dan menjaga kebersamaan” ungkap Wakil Bupati OKI, H.M. Rifa’i, SE di sela-sela kegiatan karnaval pembangunan di Kayuagung, jum'at (19/8).

Pelaksanaan pawai pembangunan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT RI ke-71 yang digelar pada jum'at (19/8/2016) siang penuh dengan kemeriahan.

Arak-arakan pawai di awali dengan penampilan marching band, di susul arak-arakan anak TK hingga SMA. Beraneka ragam kostum karnaval dikenakan oleh para peserta pawai pembangunan mebuat antusias para warga yang menyaksikan. Tak hanya pakaian yang mencolok, arak-arakan unik lainnya menampilkan beragam khas dan budaya di Kabupaten OKI ditambah dengan aksi theatrikal yang dibawakan siswa-siswi SMA. Kemudian sepasang anak-anak lelaki dan perempuan yang mengenakan pakaian adat.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta memulai arak-arakan dari halaman kantor Dinas Sosial kabupaten OKI, menyusuri pinggiran sungai Komering. Selanjutnya para peserta diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda), H. Husin di halaman gedung kesenian Kayuagung.

“Pawai ini untuk menampilkan semua potensi baik itu seni dan budaya, ekonomi, sosial, dan pemerintah. Harapannya mereka bisa bersinergi untuk bersama-sama membangun OKI,” jelas Husin.

Ketua Panitia pelaksana pawai pembangunan dan karnaval Budaya, H. Amiruddin S.Sos,MSi mengatakan, pada tahun ini pawai diikuti oleh seluruh elemen masyarakat, mulai dari sekolah dan paguyuban masyarakat.
 
Beragam kostum unik ditampilkan para peserta Karnaval Budaya di Kabupaten OKI
“Pawai kali ini tidak hanya melibatkan siswa sekolah namun juga paguyuban masyarakat yang ada di kabupaten OKI seperti paguyuban warga Batak, Padang, Jawa dan tak ketinggahaln warga Tionghoa, semua ikut berpartisi. Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT RI ke71,” singkatnya.

Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pawai, bahkan mereka rela berpanas-panasan hanya untuk menyaksikan pawai tersebut.

Seperti yang diutarakan oleh Indah (29) ibu rumah tangga asal kelurahan Tanjung Rancing, “tiap tahun perayaan pawai jadi lebih semarak, momen ini tentu jadi hiburan bagi masyarakat” ungkapnya. (Humas Pemkab OKI)
 
Editor : Adhie

No comments

Powered by Blogger.