Fhoto Bersama Bupati OKI Usai Penandatanganan Perjanjian Hibah Daerah
OKI Kayuagung oganpost.com-Disaat banyak daerah terkendala defisit anggaran, Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir di bawah komando H. Iskandar, SE berhasil membuka keran dana sejumlah Rp 27,5 miliar dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI untuk bantuan dana rehabiltasi dan rekonstruksi pascabencana.

Perjanjian Hibah Daerah (PHD) dalam Rehabilitasi dan Rekonstruski Pascabencana tahun anggaran 2016, itu di tandatangani Bupati OKI, H. Iskandar, SE di Graha BNPB, Jakarta Timur (24/11).

Deputi bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB, Harmensyah mengatakan, “Perjanjian bantuan hibah ini, sebelumnya telah dilakukan verifikasi lapangan, dengan parameternya penyebab bencana, penilaian kerusakan dari ringan, sedang dan berat serta penentuan kewenangan verifikasi ada di BNPB” ucapnya.

Sebelumnya jumlah bantuan hibah senilai 1,5 triliun, namun dengan adanya penghematan anggaran, Kementerian Keuangan melakukan pemotongan pagu anggaran, sehingga menjadi 750 Milyar untuk bantuan tahun ini. “Hal ini tidak mengurangi fungsi pemerintah dalam perpanjangan tangan membantu korban pada pascabencana” tambahnya.

Bupati OKI, H. Iskandar, SE berharap bantuan dana itu diharapkan dapat membantu upaya rehabilitasi lahan sawah, jalan usaha tani maupun infrastrukutur yang rusak akibat bencana banjir di beberapa wilayah di Kabupaten OKI.

“Kaitan dengan tindak lanjut akibat bencana banjir yang melanda beberapa daerah di Kabupaten OKI, khususnya di lahan-lahan pertanian. Sudah ada kabar baik, agar ada pengurangan resiko baik infrastruktur maupun kerugian lainnya. Kita bersyukur usulan sudah disetujui,” Ungkap Iskandar.

Iskandar juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumsel, BPDP, Kementerian Keuangan. Apresiasi tersebut diberikan atas kerja sama dan bantuan dalamrangka mengurangi kerugian pasca bencana,“Terima kasih atas nama seluruh masyarakat OKI khususnya petani yang mengalami bencana banjir” ungkap Iskandar.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten OKI, Azhar mengatakan pihaknya akan segera menyalurkan bantuan hibah pusat ini dengan mekanisme dan perundangan yang berlaku,“Alhamdulilah, setelah beberapa bulan terakhir, kami (Pemkab OKI) bekerja keras, akhirnya mendapatkan bantuan pusat ini. Nantinya dana itu langsung akan di realisasi melalui mekanisme dan aturannya,” ujarnya.(hms)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

0 comments: