Ilustrasi
ONews, EKOBIS - Setelah sempat memicu inflasi Desember 2017-Februari 2018, komoditas beras akhirnya mengalami penurunan harga (deflasi) sepanjang Maret 2018 lalu. Hanya saja, potensi kenaikan harga beras masih bisa terjadi di bulan April, karena jelang puasa yang akan berlangsung mulai Mei.

Salah satu pemicunya tak lain karena permintaan cenderung naik. Sebab, beras sebagai komoditas primer. Paling banyak dibutuhkan. Itu yang diakuinya sejumlah pedagang beras.

Pantauan media ini, di sejumlah pasar tradisonal harga beras sebulan terakhir turun. Di Pasar 26 Ilir, semula beras premium dijual Rp12 ribu per kg. Sekarang Rp11 ribu per kg, sementara beras medium dari Rp11.200 per kg menjadi Rp10.200.

“Karena saat ini masuk masa panen raya di Sumsel. Stok beras melimpah, suplai lancar, dan harga cenderung turun,” kata Andre (35), pedagang beras, kemarin.

Demikian Ahi (21), pedagang beras di Pasar Ariodillah. Sebulan terakhir, 2 kali turun rata-rata Rp300-500 setiap kilonya. “Hitung saja kalau 20 kg berarti turunnya jadi Rp10 ribu per karung (20 kg),” bebernya.

Pihaknya berharap harga tetap stabil sampai bulan puasa, meski dia tak menampik harga beras tetap potensi naik. “Kalau nanti permintaan tinggi, suplai tak bertambah ya bisa naik lagi harga beras,” ujarnya.

Tapi kalau suplainya banyak, panen besar, dia yakin harga beras akan stabil.

Demikian juga pedagang di pasar tradisional Baturaja. “Di sini juga relatif turun, beras Belitang contohnya sekarang dijual Rp9.800 per kg, tapi ada juga pedagang yang jual Rp10 ribu per kg. Ya tergantung kualitas juga,” imbuh Yan, pedagang beras di Pasar Baru Baturaja.

Tapi ini lebih murah dari sebelumnya yang di atas Rp10 ribu per kg. Hanya saja, petani asal Buay Madang Timur, OKU Timur, Dwi khawatir sebab bulan puasa masuk masa tanam, dan di masa itu juga potensi terjadi paceklik. “Kalau paceklik, harga beras bisa naik lagi, tapi mudah-mudahan tidak drastis,” tuturnya.

Di Pasar Kayuagung, Yanti, pedagang beras mengaku harga beras masih normal di pasar tersebut, tapi tidak tahu jelang puasa karena bisa saja naik.

“Kalau per kg kita jual Rp11 ribu yang bagus (premium, red),” tuturnya.

Di kawasan Pasar Tebing Tinggi, Empat Lawang juga masih stabil, berkisar Rp9.500- Rp10 ribu per kg tergantung kualitas.

Tapi, Pedagang bahan pokok Umar menyebut, kenaikan harga beras memang biasanya akan terjadi jelang puasa dan Idulfitri. “Karena hari pertama puasa, biasa kebutuhan akan beras meningkat,” imbuhnya.

Di Pasar Muaradua, Hendra (30), salah satu pedagang memasuki April tren harga beras masih turun. “Karena semakin luasnya area panen padi di wilayah Kabupaten OKU Selatan sejak Maret lalu,” ujarnya, kemarin (4/4).

Dikatakan, rata-rata penurunan Rp800- Rp1.000 per kg. Merek beras yang turun seperti beras Sari Buah, Rojo Lele, Bunga, dan lainnya.

Dia juga menyebut turunnya harga beras karena terpengaruh masa panen raya, sehingga suplai beras dari petani memenuhi kebutuhan pasar.

“Pasokan berlimpah, sekarang permintaan pun turun, makanya harga mulai stabil,” ujarnya.

Tetapi jelang puasa, tetap ada kecenderungan harga bisa naik. “Saat itu semua bahan pokok harganya selalu naik. Beras juga begitu,” bebernya.

Tamrin (55), salah satu pemilik pabrik penggilingan padi di Muara Dua menerangkan, di tingkat petani harga beras kisaran Rp8 ribu-Rp8.500 per kg. “Saya beli seharga itu, lebih murah dari sebelumnya,” tuturnya.

Tapi di Kabupaten Muratara agak berbeda, harga beras di wilayah ini justru mengalami kenaikan sebulan terakhir yang semula Rp9 ribu-Rp10 ribu per kg menjadi Rp11 ribu-Rp13 ribu per kg.

“Kemarin harga tertinggi beras Rp12 ribu per kg, dan paling murah Rp9 ribu per kg. Sekarang harga tertinggi Rp13 ribu dan yang murah Rp10 ribu per kg,” ungkap Iin, pedagang di Pasar Lawang Agung, Kecamatan Rupit.

Menurutnya, kenaikan harga beras diikuti kenaikan harga sayur mayur seperti cabai dan bawang putih.

Terpisah, beberapa pemda juga prediksi sama. Kepala Dinas Pertanian OKU Timur Ir Ruzuan Efendi mengaku kemungkinan kenaikan harga beras jelang puasa bisa saja terjadi.

“Karena di OKU Timur saat bulan puasa nanti masuk musim tanam, bukan musim panen,” imbuhnya, kemarin.

Ini sesuai siklus, kalau sekarang kan panen besar, terus pas puasa masa tanam, dan panen lagi Juli. Kalau tidak panen, otomatis suplai akan berkurang. Sejauh ini, sambungnya, harga beras di tingkat pabrik di OKU Timur kisaran Rp7.800-Rp8.000 per kg.

Kepala Dinas Perdagangan OKI, Sudiyanto Jakfar mengaku pantauan petugas harga beras kemarin masih normal.

“Nah, fluktuasi harga beras jelang puasa itu tergantung Bulog dan Dinas Pertanian, apakah stok nantinya cukup atau sebaliknya,” tuturnya.

Hanya saja dia yakin OKI tak akan kekurangan beras dan harga juga masih di bawah HET (harga eceran tertinggi).

Namun patut juga diwaspadai, ketika jelang puasa masih terjadi banjir, dan sebagian petani gagal panen. “Kalau seperti ini kenaikan harga bisa terjadi,” bebernya.

Untuk itulah pihaknya melakukan antisipasi salah satunya melakukan inspeksi gabungan bersama polres memantau harga beras. Karena harga beras, sebutnya, juga terindikasi naik karena adanya permainan tengkulak yang menimbun atau menjual gabahnya ke pedagang di luar Sumsel.

“Kedapatan segera kita tindak,” cetusnya.

Kadisperindag Prabumulih, Junaidi juga menyebut harga beras potensi naik jelang puasa. “Trennya seperti itu, tapi kita harap walaupun naik tidak signifikan,” bebernya.
Kalau sejauh ini kan sebulan terakhir harga beras sudah 3 kali turun, mulai dari Rp250, Rp500, sampai Rp700 per kg. “Karena sudah banyak petani yang panen dan distribusi juga tidak ada hambatan,” sebutnya.

Ria Apriani, kepala Disperindagkop UKM Banyuasin melalui Irma Suryani, kasi Standaridsasi Pengendalian Mutu, Tata Tertib, Niaga Pengawasan Barang dan Jasa juga memprediksi kenaikan harga beras di bulan puasa. Tapi dia yakin tak akan terlalu besar.
“Sejauh ini hasil pantauan kita, harga beras masih standar sesuai standar peraturan Kementerian Perdagangan yang ada,” tuturnya.

Kabid Perdagangan Pemkab OKU, Husnizar SE melalui Staf Bidang Pengendalian Kebutuhan Pokok dan Barang Penting, M Yahya mengatakan saat ini untuk stok beras cukup banyak di pasar tradisional. Kata dia, salah satu beras yang banyak dibeli warga di pasar tradisional jenis beras IR 64 dari Belitang.

“Banyaknya penjualan beras di pasar ini juga pengaruhi harga,” katanya.

Itulah kenapa, harga beras bisa lebih murah. “Tetapi tetap kita pantau setiap hari,” sebutnya.

Seperti beras Ciliwung dijual Rp9 ribu per kg, IR 64 Rp10 per kg, Selancar Rp12 ribu per kg, Pandan Wangi Rp14 ribu per kg.

Plt Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Akhmad Jhoni SP mengatakan, pihaknya berupaya menguatkan ketahanan pangan untuk daerah. Dengan membuka lahan baru areal persawahan untuk memenuhi kebutuhan pangan.

“Tentunya untuk mengatasi keterbatasan pasokan beras yang mampu membuat lonjakan harga,” ujarnya.

Dalam memaksimalkan itu, pihaknya tahun ini berencana memperbaiki sistem pengairan dengan membangun irigasi, sebagai suplai air di areal persawahan, baik di musim penghujan maupun di musim kemarau tiba.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Empat Lawang, Hamdan mengaku strategi peningkatan produksi padi terus dilakukan pemerintah bersama petani. Baik melalui peningkatan luas tambah tanam dan indek pertanaman maupun melalui peningkatan produktivitas.

“Dengan produksi beras yang melimpah, maka harga di pasaran bisa dikendalikan,” cetusnya.

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mura, Tohirin ‎menegaskan, harga beras stabil karena daerah ini lumbung pangan. “Banyak petani kita jual lagi beras ke daerah lain seperti Linggau, Muba, Muratara, dan Bengkulu,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian, Tanaman, Pangan, dan Holtikultura Provinsi Sumsel, Erwin Noor Wibowo memastikan jika saat ini tingkat produksi beras di Sumsel dalam batas mencukupi. Dia pun cukup optimis, walau puasa nanti, harga beras tetap bisa stabil.
“Produksi kita tinggi. April saja ada 60-70 ribu hektar sawah yang akan panen. Artinya suplai akan melimpah,” bebernya.

Walau begitu, inflasi juga tetap riskan terjadi di bulan puasa. “Tapi kita harap bisa ditekan, dengan terjaganya produksi beras,” bebernya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumsel, Yos Rusdiansyah mengakui hasil survei Maret 2018 lalu, harga beras turun makanya memicu deflasi (lihat grafis).

“Harga bisa turun karena produksi beras cukup banyak karena masuk masa panen, dan distribusinya pun lancar,” ujarnya, kemarin.

Pihaknya justru memperkirakan panen padi masih akan berlangsung April-Mei 2018, sehingga diyakini harga beras jelang puasa diprediksi tetap stabil.

(red)
ONews

ONews

ONews - Berita hari ini, kabar harian terbaru terkini Indonesia dan dunia. Situs berita terpercaya seputar politik, peristiwa, bisnis, bola, tekno dan gosip artis.

Post A Comment:

19 comments:

  1. Kurang Beruntung bermain poker di agen lain, dan Tertarik Cobain keberuntungan Kalian di Agen kita, Join Saja Yuk Langsung Disini ANAPOKER(titik)com dan ada hadiah iphone x juga loh buruan gabung Contact Kami : BBM : agens1288 Line id : agens1288 WhatsApp : 0877-8922-1725

    ReplyDelete
  2. Dengan Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional, Dan Siap Melayani Anda 24 Jam NonStop Setiap Hari.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    YM1 : bola.vita@yahoo.com
    YM2 : agenbolavita@yahoo.com
    wechat : bolavita
    line : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW), D8DB1C57 (NEW)

    ReplyDelete
  3. Dengan Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional, Dan Siap Melayani Anda 24 Jam NonStop Setiap Hari.

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    YM1 : bola.vita@yahoo.com
    YM2 : agenbolavita@yahoo.com
    wechat : bolavita
    line : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW), D8DB1C57 (NEW)

    ReplyDelete
  4. Piala dunia segera datang
    mainkan Sportsbook hanya di ID303
    Agen Bola terpercaya dengan proses yang cepat
    Langsung Gabung ayo , tunggu apa lagi
    Daftar sekarang juga hanya di ID303

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    Line : Cs.ID303
    Whatsapp : +6281326993756
    website : www.ID303.com

    ReplyDelete
  5. Mari Mencoba Keberuntungan Anda bersama kami di www.zeusbola.com Di situs ini kamu bisa mainkan Games Sports, Live Casino, Poker, Slots, Live Game.
    Zeusbola Juga Ada Memberikan Promo New Member Dan Bonus rollingan Berserta Cashback.
    Sudah Terbukti Terpercaya Dan Terbaik, Jadi Tunggu apalagi ? Ga Usah Ragu lagi Langsung Saja Gabung Bersama zeusbola, cs yang selalu siap menemani anda setiap saat selama 24 jam .
    Nikmati Serunya Permainan Judi Online Bersama Kami
    Bisa Hubungi Kami Di :
    BBM : Zeusbola
    Whatsap : +85587961723
    Line : zeusbola
    WeChat : zeusbola
    https://www.instagram.com/p/BhQA3uanj1O/
    https://www.youtube.com/watch?v=FnQNi15MW9M

    ReplyDelete
  6. Kunjungi Kami Agen Permainan Kartu FIFAPOKER
    www,fifapoker.com
    Banyak BONUS Menarik yang Menanti Anda ^^
    Pelayanan 24 jam dengan CS yang Ramah dan Profesional
    BBM : 7B3130BF
    Kartu Bagus Ada Di tangan Anda !!
    Salam Jackpot ^^.

    ReplyDelete
  7. B*O*L*A*V*I*T*A adalah Solusi tepat untuk meraih jutaan rupiah setiap hari nya BBM: D8C363CA (NEW) D1A1E6DF (NEW) D8DB1C57 (NEW) whatup : 081377055002

    ReplyDelete
  8. Lagi Cari Bandar Togel Online Dengan Games Lainya Yang Lengkap ?
    Tapi Gak Tau Situs Mana Yang Bisa Di Percaya ?
    Daftar Di : HTTP://AREATOTO.NET
    Minimal Deposit Rp.20.000,-
    Minimal Withdraw Rp.50.000,-
    Lengkap 1 Userid Dapat Bermain :
    Togel, Taruhan Bola, Live Casino & Sabung Ayam
    Proses Deposit / Withdraw Kurang Dari 2-3 Menit
    Perlayanan Terbaik ( Di Layani CS Yang Ramah )
    Website Online 24 Jam / Setiap Harinya
    Daftarkan Sekarang Juga : HTTP://AREATOTO.NET

    ReplyDelete
  9. www.zeusbola.com ! Setiap Hari ada bonus menarik dari kami.

    Minimal Depo 50rb sudah bisa bermain game judi online
    Nikmati Serunya Permainan Judi Online Bersama Kami

    FREE PENDAFTARAN !!! www.zeusbola.com

    Like Fanspage zeusbola di www.facebook.com/zeusbola

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : ZeusBola
    Whatsap : +85587961723
    Line : zeusbola
    WeChat : zeusbola

    ReplyDelete
  10. join yuk guys di areatoto.com
    ada sportbook togel casino sabung ayam
    minimal deposit 20 ribu dan withdraw 50 ribu
    hanya dengan 1userid sudah bisa bermain semua games lo

    ReplyDelete

  11. WWW.ANAPOKER.COM

    agen terbaik Taruhan Bola Online, Casino Online, Tangkas, Togel Toto Online(2D, 3D, 4D), Poker Online, Sabung Ayam Online dan masih banyak yang lainnya...

    Keterangan lebih lanjut, add Contact Person :

    (BBM): AGENS128
    (WhatsApp) : 087789221725

    Ayo langsung join ya !!! :*

    ReplyDelete
  12. OFFICIAL PARTNER RESMI FIFA WORLD CUP 2018 RUSSIA!
    Ayo segera bergabung bersama kami dan Dukung Negara Jagoan kamu hanya di www.bolavita.pro
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub CS kami :
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: D1A1E6DF(NEW)

    ReplyDelete
  13. SABUNG AYAM - BOLA - CASINO - TOGEL - POKER

    DIJAMIN ANDA AKAN BERMAIN DENGAN AMAN!!!
    Dengan pelayanan yang sangat cepat dan nonstop 24jam dijamin anda tidak akan kecewa.

    TUNGGU APALAGI!!! KUNJUNGI WEBSITE KAMI di www.bolavita(titik)pro

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :

    WA : +6281377055002
    BBM : BOLAVITA

    ReplyDelete
  14. Rasakan Kemenangan Bersama Kami!!
    Hadiah Besar dan Menarik Menanti Guyssss...
    Kami Juga Memberikan Promo Mingguan Yang Menarik Kepada Para Member Kami Berupa Bonus-Bonus Menarik Seperti:
    -Bonus 10% untuk Member Baru
    -Bonus Referal 7% dan 2%
    -Bonus CashBack Hingga 10%
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub CS kami :
    wechat : bolavita
    whatup : 6281377055002
    BBM: BOLAVITA(NEW)

    ReplyDelete
  15. Ayam jago bangkok lebih jago dari pada ayam indonesia ? Benarkah itu ? Untuk mengetahui selanjut cerita nya Hubungi kami di BBM: BOLAVITA / WA: +6281377055002

    ReplyDelete