Pemerintah Pusat Akan Gelontorkan Dana 28 M Untuk Air Bersih Bagi Warga Miskin Di OKI

Bupati OKI Saat Hadiri Rapat Dikementerian PUPR
Kayuagung oganpost.com-Kedatangan Bupati Ogan Komering Ilir, H. Iskandar, SE ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kembali mampu membuka keran dana pusat untuk warga OKI hal tersebut dikatakan Direktur PDAM Tirta Agung Banarianto SE kepada wartawan minggu(25/8/2019)

Dikatakan dia bantuan senilai Rp 28 Miliar dipastikan kembali digelontorkan untuk penyediaan akses air bersih dan sanitasi layak untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di Ogan Komering Ilir,“2020 dipastikan kita kembali mendapat bantuan akses air bersih untuk masyarakat kita, sudah selesaikan DED nya,“ujarnya.

Tambah dia bantuan tersebut untuk menambah kembali jumlah sambungan rumah (SR) baru air PDAM kepada Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR ) sebanyak 1.500 SR pada 2019 dan 2.000 SR pada tahun 2020 atau untuk melayani sekitar 17.500 jiwa dengan nilai hibah mencapai Rp 28 miliar.

Untuk mendapat Hibah Air Minum ini tambah Bana Pemda harus memenuhi beberapa persyaratan seperti adanya Peraturan Daerah (Perda), Penyertaan Modal Pemerintah (PMP) dan kesiapan APBD pada tahun berjalan ditambah lagi, Kementerian PUPR memprioritaskan kabupaten/kota penerima hibah air minum adalah daerah dengan PDAM berkinerja baik dalam pemasangan SR. 

“PDAM sebagai BUMD disyaratkan masih memiliki kapasitas produksi tidak terpakai dan daftar MBR calon penerima hibah sesuai kriteria yang ditentukan”tuturnya.

Sambung dia sementara kriteria bagi penerima manfaat, dari Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) antara lain kondisi rumah sesuai kriteria dan bersedia menjadi pelanggan PDAM serta daya listrik yang terpasang pada rumah tangga tersebut tidak lebih besar dari 1.300 VA.

"Kementerian PUPR bersama Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan lainnya akan terus berupaya meningkatkan cakupan pelayanan air bersih dan menekan kawasan kumuh di Indonesia,"ucapnya.

Terpisah sebelumnya Sekretaris Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR, T. Iskandar mengatakan akses air bersih dan pengelolaan persampahan turut berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup masyarakat untuk hidup lebih sehat. 

“Pertambahan jumlah penduduk terutama di perkotaan, mengakibatkan kebutuhan prasarana air bersih dan sanitasi juga meningkat, Program Hibah Air Minum Perkotaan dan Perdesaan merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan akses aman air bersih di Indonesia yang saat ini baru mencapai 73, 8 persen,” katanya.

Ditempat yang sama, Bupati OKI, H Iskandar, SE telah menerima hibah Barang Milik Negara (BMN) berupa Aset infrastruktur permukiman senilai Rp 53,16 Milyar dari Kemen PUPR. Aset tetap tersebut dibangun antara tahun anggaran 2005-2017 dengan dana APBN di Ditjen Cipta Karya.

Bupati, Iskandar, berterimakasih atas perhatian Kementerian PUPR dirinya berharap program ini bisa terus dilanjutkan untuk kepentingan Warga OKI, sebab masih banyak fasilitas publik yg membutuhkan pembenahan.

"Kami ucapkan terimakasih atas kepercayaan Kementerian PUPR dan kami tetap berharap bantuan dalam bentuk lainnya sehingga bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat OKI,"ungkapnya.(red/ziz)

2 comments:

  1. Admin izin promo ya min^^
    Upd4te 8ett1n9 4man dan terp3rcay4, WA +855 979 542 957

    ReplyDelete
  2. Izin ya admin..:)
    Halloo kami dari ARENADOMINO ingin mengajak anda semua pecinta games poker untuk bermain disini permainan fairplay menanti anda semua dan 100% no robot player vs player
    yuk silahkan langsung bermain dengan kami proses mudah cepat dan nyaman jika kesulitan dalam pendaftaran dapat juga dibantu ya bisa dari live chat ataupun dari WA +855 96 4967353 silahkan ..

    ReplyDelete

Powered by Blogger.