Universitas Sumatera Selatan Akan Adakan Giat Panen Raya Perdana Padi Varietas IPB 35

   Rektor USS Yudha Pratomo Mahyuddin

PALEMBANG oganpost.com-Universitas Sumatera Selatan (USS) akan melaksanakan kegiatan Panen Raya pertama untuk Padi Varietas IPB-3S, hasil kerjasama antara P2SDM IPB University dan USS,Panen raya padi dari bibit jenis baru ini merupakan buah kerja keras yang dimulai dengan penelitian terhadap lahan dan air di daerah lahan rawa pasang surut.

"InsyaAllah, Panen Raya ini akan dilaksanakan pada hari Selasa, 7 September 2021. Mohon Do'a,"terang Rektor USS, Yudha Pratomo Mahyuddin, ST, M.Sc, Ph.D, Sabtu (4/9/2021).

Panen Raya Padi Varietas IPB-3S kerjasama P2SDM IPB University dan USS ini dilaksanakan di lahan persawahan USS di Desa Sungai Dua, Kecamatan Rambutan, Kabupaten Banyuasin. Akan hadir pula Kepala P2SDM IPB University, Prof. Dr. Ir. Amiruddin Saleh, MS. 

"Kita juga mengundang Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Sumsel. Undangan lainnya ialah Bupati Banyuasin dan beberapa pihak terkait,"ujar Yudha.

Kerja keras yang membuahkan hasil ini dimulai sistematis melalui penelitian yang melibatkan pihak P2SDM IPB University dan  Universitas Sumatera Selatan. 

"Tolong do'a, semoga panen raya pertama kita ini hasilnya menggembirakan. Tim sudah berupaya optimal. Sebab, lahan yang digunakan sebagai lokasi persawahan ini bukan lahan persawahan seperti umumnya, tetapi merupakan lahan rawa pasang surut yang memiliki kadar air dengan tingkat keasaman yang tinggi."tambah Yudha

"Namun, melalui penelitian dan treatment yang intensif dari IPB dan USS, alhamdulillah hasilnya menggembirakan sehingga kita dapat melaksanakan panen raya pertama ini. Nanti akan kita evaluasi dan teliti lagi pasca-panen. Semoga bibit padi terbaru dengan varietas IPB-3S ini dapat dikembangkan oleh para petani lainnya di Sumatera Selatan, bahkan daerah-daerah lainnya,"ungkap Yudha bersemangat.(ziz/SMSI)

No comments

Powered by Blogger.