Akses Jalan Desa Rusak,Warga Bangun Jalan Gunakan Dana Swadaya

LAHAT oganpost.com-Pembangunan jalan EX transmigrasi mulai dari SP3 Desa Sukamakmur  Kecamatan Gumai Talang Kabupaten Lahat menuju ke arah kota Lahat  benar-benar dikerjakan dengan Swadaya dan Swadana masyarakat.

Hal ini dilakukan  karena hingga saat ini belum ada gerakan dari pihak terkait khususnya baik Pemerintah maupun perusahaan-perusahaan yang ada di dalam sekitar lokasi lahan eks transmigrasi tersebut masih belum ada tanda-tanda untuk berencaba jalan.
Padahal kondisi jalan ini sudah semakin parah.

Demi kelancaran transportasi antar Desa atas dasar pentingnya akses  jalan yang baik warga  dengan cara gotong royong  hari ini  Warga 5 Desa  timbun jalan yang saat ini sudah tidak layak dilalui kendaraan R2 maupun R4.(3/2/22)

Ketua Forum Masyarakat Palembaja Suwandi kepada wartawan mengatakan bahwa  jalan tersebut  rusak semakin parah bahkan sudah bertahun-tahun. dan berbagai upatapun stsah dilakukan bahkan wargapun sudah berkali-kalu nenghadap pejabat daerah baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi.
"Hari ini kita lakukan Swadaya gotong royong dengan dana dari masyarakat di 6 di 5 Desa dimana setiap desa mengirimkan batu koral setiap Desa membantu 10 Dumtruck batu koral namun tidak cukup sampai di sini saja,  kami berharap dari pihak pemerintah khususnya dari dinas terkait untuk dapat setidaknya dapat terjun kelokasi  turun gunung untuk melihat lokasi yang sebenarnya,  meringankan beban masyarakat karena kondisi jalan ini sudah sangat parah mulai dari  SP 3 sampai ke  SP 6 Saribungamas Kecamatan Lahat, penimbunan ini dikerjakan secara Swadaya dan dana masyarakat, kalau kami tidak mengambil sikap swadaya masyarakat  dari material sampai  alat-alat berat dari swadaya masyarakat beberapa waktu kedepan bukan hal yang mustahil desa kami akan terisolir , intinya belum ada sentuhan dari pihak terkait untuk masalah pembangunan jalan ini." ujarnya.

Tokoh Masyarajat yang akrab. Disapa Mas Wandi ini menambahkan bahwa adanya akses jalan yang rusak parah apalagi di musim penghujan ini, menjadikan terhambatnya warga Desa untuk mendapatkan Fasilitas salahsatunya fasilitas  Kesehatan.

"Didesa kami kalau ada yang sakit sulit untuk mendapatkan penanganan medis yang  cepat, bahkan kemarin kegiatan Vaksin Wargapun menjadi batal dengan alasan bahwa Tim Medis dan petugas akses menuju lokasi  tidak dapat dilalui," pungkas Suwandi.(SMSI Lahat) 

No comments

Powered by Blogger.