Perjalanan Indonesia Lolos Piala Asia: Dimulai dari Tempat Terendah

Timnas Indonesia harus memulai perjalanan berburu tiket Piala Asia lewat playoff. (Arsip PSSI)
JAKARTA -- Timnas Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2023. Skuad Garuda memulainya dari tempat terendah yaitu babak playoff bersama Taiwan, Kamboja, dan Guam. 
Indonesia sukses lolos ke Piala Asia 2023 setelah mengalahkan Nepal dengan skor 7-0, Rabu (14/6) dini hari WIB. Kemenangan itu membuat Indonesia melaju ke putaran final Piala Asia dengan status sebagai salah satu runner up terbaik.

Kualifikasi babak kedua Piala Asia 2023 ini bersanding dengan Kualifikasi Piala Dunia 2022. Tim-tim yang jadi pemuncak klasemen di Kualifikasi Piala Dunia 2022 plus lima runner up terbaik dipastikan otomatis lolos ke Piala Asia 2023.

Suriah, Australia, Iran, Irak, Arab Saudi, Qatar, China, Oman, Jepang, Uni Emirat Arab, Vietnam, Korea Selatan, dan Lebanon adalah tim-tim yang lolos lewat jalur tersebut. Sedangkan tim-tim lainnya akan bertarung di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Sementara itu, Indonesia menuai hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia dan hanya jadi juru kunci.

Indonesia bahkan ada di nomor urut keempat klasemen peringkat kelima sehingga tak bisa langsung berlaga di babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Indonesia harus memulai lewat babak play-off bersama Kamboja, Taiwan, dan Guam.

Memulai perjalanan merebut tiket Piala Asia dari tempat terendah, Indonesia bisa memenangkan babak playoff setelah dua kali mengalahkan Taiwan dengan skor 2-1 dan 3-0.

Masuk ke babak ketiga, Timnas Indonesia berada satu grup dengan Kuwait, Yordania, dan Nepal. Seluruh laga berlangsung di Kuwait yang punya cuaca panas ekstrem. Namun Timnas Indonesia bisa memberikan performa terbaik. Ricky Kambuaya dan kawan-kawan menang 2-1 atas Kuwait, kalah 0-1 dari Yordania, dan menaklukkan Nepal 7-0.

Raihan enam poin membuat Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia sebagai salah satu runner up terbaik. Timnas Indonesia ada di posisi kedua dalam klasemen runner up Kualifikasi Piala Asia. Sukses Indonesia lolos ke Piala Asia 2023 membuat Skuad Garuda bakal kembali tampil di Piala Asia setelah terakhir kali tampil di Piala Asia 2007.(CNN indonesia)


No comments

Powered by Blogger.