Cega Karhutbunlah Kodim 0401/Muba Adakan Rapat Koordinasi Bersama Instansi Terkait


MUBA SEKAYU oganpost.com-Dalam rangka mencegah Kebakaran Hutan Kebun dan Lahan (Karhutbunlah) diwilayah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Dandim 0401/Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH bersama Instansi terkait melaksanakan Rapat Koordinasi Karhutbunlah, bertempat di Aula Makodim 0401/Muba Jl. Kolonel Wahid Udin Kelurahan Serasan Jaya Kecamatan Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), pada Rabu (6/72022)

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan demi menghindari penyebaran COVID-19. Rapat koordinasi tersebut dipimipin lansung oleh Dandim 0401/Muba Letkol Arm Dede Sudrajat S. H,. Dan diikuti oleh para Danramil jajarannya, Kapolres Muba diwakili, Kejari Muba, Kaban BPBD Muba, Kasat Pol PP Muba, Kadiskes Muba, Kadis Kominfo muba, Kabag humas sekda muba, Kadis sosial muba, Kadisbun muba, kadis lingkup muba, kadis pertanahan muba, Kepala PHP kec. Lalan, Kadaops Manggala agni, camat sekayu, camat lais, camat Babat toman, Camat sanga desa, camat Bayung Lincir, camat lalan, camat sungai lilin dan camat keluang.

Dandim 0401/Muba Letkol Arm Dede Sudrajat S. H,. Mengatakan, bahwa rapat koordinasi ini bertujuan untuk melakukan sinergitas antar instansi terkait dalam hal menangani dan mencegah terjadinya Kebakaran Hutan kebun dan Lahan (Karhutbunlah) di Kabupaten Musi Banyuasin. 

guna mencegah rusaknya ekosistem alam, musnahnya flora dan fauna, polusi udara dan terhambatnya jalur tranportasi baik darat, laut dan udara sehingga berdampak terganggunya jalur perekonomian. 

“untuk itu diperlukan koordinasi, sinergitas serta kerja sama yang baik dari semua pihak untuk menangani dan mencegah terjadinya karhutla di kabupaten muba,”kata Dandim Letkol Arm Dede Sudrajat S. H,.

Dandim menegaskan, semua pihak serius dalam penanganan Karhutbunlah ini, kita mengutamakan pencegahan dan deteksi dini. Sehingga kita dapat mengantisipasi, mencegah, meminimalisir terjadinya Karhutla di Kabupaten Muba, serta mengantisipasi terjadinya penurunan kualitas udara akibat kabut asap yang ditimbulkan karhutla. Tegasya.

Dandim 0401/Muba Letkol Arm Dede Sudrajat SH bertekad untuk mempertahankan akan keberhasilan pencegahan Karhutbunlah, dengan cara memerintahkan seluruh Babinsa jajaran Kodim untuk giat melaksanakan patroli, memberikan sosialisasi dan pengertian kepada warga masyarakat akan dampak dan bahaya yang ditimbulkan dari membuka lahan dengan cara membakar, serta melaksanakan pemetaan wilayah yang rawan Karhutbunlah, mendirikan Posko Karhubunlah, membentuk masyarakat peduli api dan menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang rawan terhadap Karhutbunlah untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan sarana prasarana guna menghadapi bahaya Karhutbunlah di Musi Banyuasin.

“Kita mengajak Pemkab Muba dan Seluruh instansi terkait serta masyarakat harus tetap waspada dan tetap menjaga kesehatan ditengah pandemi Covid-19 ini. Kita juga sudah memastikan kesiapan satuan Kodim 0401/Muba dalam menghadapi karhutbunlah di Kabupaten Muba,”ungkap Dandim.(Sof)

No comments

Powered by Blogger.