iklan

Gempa M 4,9 Guncang Tapanuli Tengah Sumut

Ilustrasi gempa bumi. Istockphoto/ Enot-poloskun

JAKARTA -- Gempa bumi mengguncang wilayah Pinangsori, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut), Selasa (2/8) pukul 04.17 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 4,9.

"Episenter terletak pada koordinat 1.49 LU dan 98,87 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 23 km tenggara Tapanuli Tengah - Sumatera Utara pada kedalaman 83 km," kata Kepala BMKG Wilayah I Medan, Darmawan.

Darmawan menyebutkan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas segmen angkola yang berada di bagian barat Pulau Sumatera.

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Pinangsori II-III MMI. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," jelasnya.

Menurut Darmawan hingga pukul 05.50 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," urainya.(CNN indonesia)


No comments

Powered by Blogger.