Bahas Peran Media, Polres Prabumulih Gelar Podcast Bersama PWI dan SMSI Prabumulih


PRABUMULIH oganpost.com - Peran media baik cetak, elektronik dan online, tak hanya menyampaikan informasi ke publik secara jujur dan berimbang, namun juga mampu memberikan edukasi dan pengaruh yang baik kepada masyarakat dengan menjunjung pada kemerdekaan pers.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kota Prabumulih, Abdullah Donny, saat menjadi narasumber bersama Ketua PWI Prabumulih, Mulwadi, pada acara Polres Prabumulih Podcast, Kamis, 4 Mei 2023.

Dalam acara Podcast Youtube milik Polres Prabumulih ini, Donni juga menjelaskan sekilas sejarah lahirnya organisasi perusahaan pers SMSI pada 7 Maret 2017 di Banten, sebagai respon dalam menghadapi konvergensi media akibat masifnya perkembangan teknologi informasi. 

"Di samping menjadi wadah untuk kemajuan perusahaan pers, SMSI yang telah menjadi konstituen Dewan Pers pada tahun 2020 ini juga terus berupaya melakukan peningkatan profesionalitas dan kesejahteraan media melalui pendataan serta kerja sama kepada pemerintah dan stakeholder lainnya," ungkap pria yang akrab disapa Abah ini.

Sementara narasumber lain, Ketua PWI Prabumulih, Mulwadi, saat ditanya host Podcast Polres Prabumulih, Brigadir Fifi, menjelaskan, bahwa sebagai ujung tombak dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat, wartawan diharapkan dapat menangkal hoax dengan melaksanakan tugasnya secara profesional sesuai kode etik jurnalistik.

Menurutnya, hoax bukanlah produk jurnalistik namun seringkali dikaitkan dengan pemberitaan.

"Untuk itu wartawan harus bisa menangkalnya dan memberikan informasi yang benar kepada masyarakat, tentu dengan menjalankan kode etik jurnalistik. Satu saja wartawan yang melakukan tindakan tidak benar, bisa mencoreng nama wartawan secara keseluruhan," jelas Ketua PWI dua periode yang akrab dipanggil Kemong ini. 

Tak lupa ia juga mengapresiasi program podcast Polres Prabumulih, sebagai salah satu agenda dalam memperkuat kemitraan dan sinergitas khususnya bersama awak media demi mewujudkan Pers yang sehat di kota Prabumulih.

“Kami selaku pengurus PWI Prabumulih berterima kasih kepada Kapolres Prabumulih yang sudah memberikan kesempatan untuk bisa silaturahmi dan menyampaikan edukasi kepada masyarakat melalui podcast ini. Kita siap mendukung penuh peran Polri dalam menjaga Kamtibmas khususnya di kota Prabumulih," ungkapnya. (SMSI Prabumulih)

No comments

Powered by Blogger.