Peringati Hari Pers Sedunia, Dua Kepala Dinas di OKU Selatan Terima Penghargaan Sahabat Pers SMSI

OGAN KOMERING ULU SELATAN oganpost.com -- Momentum 3 Mei merupakan pengingat kepada pemerintah mengenai komitmen untuk menghormati kebebasan pers dan refleksi di kalangan profesional media mengenai isu kebebasan pers dan etika profesional. 

Melalui peringatan Kebebasan Pers Sedunia setiap pihak diharapkan dapat mendorong dan mengembangkan inisiatif untuk mewujudkan kebebasan pers di seluruh dunia.
 
Hari Kebebasan Pers sedunia secara internasional diproklamasikan Majelis Umum PBB pada tahun 1993 menyusul rekomendasi Sidang ke-26 Konferensi Umum UNESCO Tahun 1991. Setiap tanggal 3 Mei dirayakan prinsip-prinsip dasar kebebasan pers.

Peringatan itu merupakan respons atas ajakan kelompok Wartawan Afrika pada tahun 1991 sesuai kesepakatan Deklarasi Windhoek yang berisi tentang pluralisme dan kemandirian media.

Terkait hal tersebut, pada momen World Press Freedom Day atau memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia, yang jatuh pada 3 Mei 2023 ini, Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) kabupaten OKU Selatan memberikan penghargaan Sahabat Pers kepada dua kepala Dinas di lingkungan Pemda kabupaten setempat.

Adapun Dua Kepala Dinas tersebut yakni, Firman Bastari, selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten OKU Selatan dan dr. Meri Astuti sebagai kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten OKU Selatan.

Ketua SMSI OKU Selatan, Sri Fitriyana mengatakan, pemberian penghargaan kepada keduanya merupakan bentuk apresiasi dan ucapan terima kasih SMSI kepada Kepala Dinas Kominfo dan Kepala Dinas Kesehatan OKU Selatan atas dukungan dan support keduanya terhadap insan Pers dan SMSI.

Sejak hadirnya SMSI di OKU Selatan pada tahun 2020, peran keduanya sangat dirasakan oleh insan pers, terkhusus SMSI OKU Selatan dalam mengembangkan organisasi konstituen dewan Pers yang menaungi pemilik media online ini.

Adapun peran keduanya tambah Ayik sapaan akrab Sri, yakni mendukung program dan kegiatan-kegiatan yang di wacanakan oleh SMSI OKU Selatan dalam berbagi momen.

"Terutama di bidang sosial dan kemanusiaan, mulai dari upaya bersama mencegah Covid-19 dengan cara membagikan masker pada perayaan HPN Ke-75 tahun 2021 hingga 2023. Begitu juga pada momentum HUT SMSI ke-5 dan ke-6 yang di rayakan di OKU Selatan",jelas Ayik sapaan akrab Sri Fitriyana.

Sementara itu masing-masing penerimaan penghargaan sahabat Pers ini mengucapkan terima kasih kepada SMSI OKU Selatan atas penghargaan yang diberikan.

"Terima kasih atas penghargaan yang diberikan SMSI, semoga sinergitas antara Dinkes dan insan pers, terkhusus SMSI selalu terjaga", ucap Kadinkes OKU Selatan dr Meri Astuti

Hal senada juga disampaikan Kadin Kominfo OKU Selatan, Firman Bastari, dengan menyampaikan ucapan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh SMSI.

"Terimakasih atas perhatian dan penghargaan yang diberikan, semoga kerja sama yang telah terjalin selama ini bisa tetap terjaga. Kami juga berharap SMSI dan insan pers yang ada di OKU Selatan selalu bersinergi dengan Pemerintah Daerah",pungkasnya.
 
Pemberian penghargaan ini diberikan secara langsung oleh ketua SMSI OKU Selatan Sri Fitriyana yang didampingi oleh Suardi Idris selaku Sekretaris dan Hendrian Wati selaku Bendahara di masing-masing ruang kerja keduanya. (SMSI OKU Selatan)

No comments

Powered by Blogger.