Mendag Khawatir Harga Bahan Pokok Terganggu Dampak El Nino

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan khawatir dengan dampak El Nino yang dapat mengganggu kestabilan harga-harga bahan pokok di Indonesia. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

MAKASSAR -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan khawatir dengan dampak El Nino yang dapat mengganggu kestabilan harga-harga bahan pokok di Indonesia.

"Memang harga-harga barang pokok kita khawatir, jika musim (kemarau). Karena sungai sungai kita mengering," kata Zulkifli di Makassar, Kamis (27/7).

Menghadapi dampak El Nino, Kemendag berupaya mengimpor 1 juta ton beras dari India. Namun, hal tidak dapat terlaksana karena ada larangan dari India.

"Saya sudah janji beli beras 1 juta ton tapi tidak boleh. Memang kita harus bersiap betul," ungkapnya.

Meski demikian, Zulkifli mengaku hingga saat ini harga barang pokok di seluruh daerah di Indonesia masih dalam kondisi stabil.

"Tapi dalam negeri Alhamdulillah harga-harga masih stabil. Selain ayam dan telur. Itu soal waktu saja, kalau pakannya naik, jagungnya kita subsidi," jelasnya.

Oleh karena itu, kata Zulkifli bahwa pemerintah berencana akan mengucurkan bantuan sebesar Rp8 triliun untuk meringankan beban masyarakat yang dijadwalkan pada bulan Oktober nantinya.

"Mulai Oktober sampai Desember akan mengucurkan Rp8 triliun bantuan kepada masyarakat untuk mengendalikan harga-harga itu. Yang Rp8 triliun mulai Oktober sampai Desember," pungkasnya.(CNN indonesia)

No comments

Powered by Blogger.