Tanaman Hutan Kota Rawan Kebakaran

KAYUAGUNG – Sejak musim kemarau tiba tiga bulan terakhir hampir seluruh tanaman di hutan kota Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kondisi ini memerlukan perhatian khusus, lantaran tanaman hutan kota ini sangat rawan akan kebakaran. Hal itu terlihat hampir seluruh permukaan tanaman hutan kota ditutupi oleh daun kering.

“Memang cuaca panas sekitar tiga bulan terakhir ini, telah membuat sebagian besar pepohonan di hutan kota menjadi kering dan tampak gersang. Lihat saja dari banyaknya daun kering yang berguguran, menutupi permukaan tanah di sekitar pepohonan, bahkan ada pohon yang habis daunnya,” ujar Zais warga sekitar, saat berbincang dengan media ini,

Menurutnya, untuk memelihara hutan kota tidaklah mudah, harus memiliki keterampilan dibidang pertanaman dan kehutanan. Mulai dari pemupukan, pembersihan lingkungan hutan, hingga penggantian tanaman yang dianggap tidak layak lagi ataupun telah rusak.

Kondisi tanaman hutan kota juga menjadi perhatian warga lain, Yudi. “Di hutan kota sendiri banyak jenis pohon yang rata-rata merupakan pepohonan yang sudah sedikit dijumpai. Oleh sebab itu, hutan kota selain menjadi pusat penghijauan, dan tempat rekreasi, hutan kota juga merupakan wahana untuk observasi serta penelitian khususnya dalam bidang tumbuhan,”tuturnya.

Dikatakannya, hutan kota sangat penting fungsinya bagi kehidupan dilingkungan sekitarnya. Gersang dan kurang terawatnya hutan kota dimusim panas saat ini, dikhawatirkan akan memicu kebakaran hutan serta akan merusak ekosistem yang ada dihutan kota tersebut.

Yudi mengajak warga agar bersama menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan Kota Kayuagung khususnya hutan kota. “Aktifitas pemeliharaan pada tanaman pepohonan di hutan kota tersebut, bukan saja kewajiban petugas, namun juga tanggungjawab bersama,”tandasnya.(san)

1 comment:


  1. Bolavita Agen Casino Online Terbesar dan Terlaris Di Indonesia
    Nikmati Bonus Rollingan 0.5% - 0.7% Setiap Minggu
    Hanya Modal 50ribu Anda Bisa Menang Puluhan Juta
    Yuk Daftar dan Nikmati Bonusnya

    Mari Kunjungin Segera Website kami :
    www(titik)bolavita(titik)fun
    www(titik)sateayam(titik)club
    www(titik)pokervita(titik)live

    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Live Chat Online 24 JAM NONSTOP !!!
    WA : +628122222995
    Pin BBM : BOLAVITA / D8C363CA (NEW)



    ReplyDelete

Powered by Blogger.