Bupati OKI Targetkan Petani Sawah Tanam 2X Setahun

OKI KAYUAGUNG,oganpost.com – ‎Dalam upaya meningkatkan hasil produksi gabah dan beras di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel), Bupati OKI, Iskandar SE, menargetkan ‎sawah di Kabupaten OKI dapat tanam dua kali dalam satu tahun. Hal tersebut diungkapkannya pada acara tanam perdana bersama masyarakat di sawah tadah hujan, Kecamatan Lempuing Induk dan Lempuing Jaya, seluas 47 ribu hektar, Selasa (23/12/2014).

Kabupaten OKI menargetkan, baik sawah tadah hujan, sawah pasang surut, maupun sawah lebak, dapat tanam dua kali dalam satu tahun.” Kalau selama ini kita mampu produksi beras sebesar 320 ribu ton beras itu karena kita baru bisa tanam satu kali dalam satu tahun, dengan tanam padi dua kali dalam satu tahun kita targetkan mampu produksi beras 600 ribu ton beras/ tahun,” katanya.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, target tersebut didukung dengan dibangunnya irigasi teknis di Kecamatan Lempuing Induk dan Lempuing Jaya, untuk mengaliri sawah tadah hujan di dua kecamatan tersebut. Kemudian, untuk kawasan sawah lebak juga telah di bangun saluran-saluran air, sehingga saat musim hujan sawah tidak terendam banjir, begitu juga saat musim kemarau, sawah akan dialiri air dari saluran kanal yang telah dibuat,” terangnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Syarifudin, mengatakan bahwa untuk tanam perdana yang kita lakukan bersama masyarakat yakni seluas 47 ribu ha, di sawah tadah hujan Kecamatan Lempuing Jaya dan lempuing Induk.” Ini baru tanam perdana untuk sawah tadah hujan, kita juga memiliki lahan sawah lebak seluas 82.919 ha,” katanya.

Dijelaskan Syarifudin, lahan pertanian di OKI luasnya mencapai 734.747 hektar. 155.801 hektar diantaranya sawah yang terdiri dari lahan irigasi teknis 650 ha, tadah hujan 48.779 ha, lahan sawah pasang surut seluas 23.453 ha dan rawa lebak 82.919 ha.” Ditahun 2015 lahan sawah lebak kita targetkan semuanya bisa ditanami, karena sudah di bangun saluran-saluran irigasi di 4 kecamatan, yakni Kecamatan Kayuagung, Jejawi, SP Padang dan Pampangan,” urainya.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan hentraktor sebanyak 80 unit dan pompa air sebanyak 159 unit bantuan dari kementrian pertanian dan APBD OKI. Selain itu juga, petani mendapat bantuan Alat tanam 3 unit, alat penggilingan padi 3 unit, alat perontok padi 10 unit dari kementrian PDT.(ziz)‎

No comments

Powered by Blogger.