GURU Belum Siap Terapkan K-13

PALI,oganpost.com - Instruksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terkait pemberhentian metode pengajaran Kurikulum 2013 (K-13), dan kembali lagi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, sangat didukung oleh para guru yang ada di wilayah pelososk Kebupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Me‎reka berpendapat K-13 belum siap diterapkan di sekolah, khususnya SMAN I Talang Ubi, Kabupaten PALI, pasalnya benyak kekurangan yang harus dipenuhi K-13, ‎mereka beranggapan belum paham dengan K-13 karena belum mengikuti pelatihan, akibatnya mereka mencari di internet bagaimana cara mengajar yang benar dengan metode K-13.

"Kami kurang paham dengan metode pengajar K-13, kerena kami belum mengikuti pelatihan, dari 50 orang guru di SMAN I‎ hanya,5 orang yang sudah mengikuti pelatihan K-13," kata R Elis Sulastri, S.Pd, guru Matematika, ketika dijumpai wartawan di ruang SMAN I Talang Ubi,jum’at (12/12).

Dia menambahkan, sebagian guru sudah terbiasa bisa mengajar dengan metode KTSP 2006, sehingga jika pemerintah masih memaksakan dengan metode K-13 menjadi kendala saat melakukan proses belajar mengajar di sekolah,"Kami belum paham metode pengajaran K-13, j‎adi masi meraba-raba (menerka), cara mengajar K-13, kadang kami belajar membuka internet untuk melakukan pengajaran kepada siswa," ujar Elis didampingi sejumlah guru di SMAN I Talang Ubi.

Lebih lanjut Elis menjelaskan, ia mendukung untuk metode pengajaran K-13, namun harus banyak dipenuhi seperti buku K-13 harus sudah tersalur di sekolah, serta pelatihan guru mengenai metode pengajaran K-13 , sehingga tak menjadi kendala bagi para guru saat melakukan proses pengajaran.

"‎kita mendukung K-13, namun saat ini dihentikan dulu karena banyak kendala seperti buku K-13 belum tersalur ke -sekolah dan pelatihan guru juga belum sepenuhnya,serta kendala lainya, jika K13 akan dilanjutkan, takut menjadi masalah di kemudian hari, biar permasalahan tidak berlarut - larut, saya setuju pakai KTSP 2006 sebelum K-13 di kaji ulang," ujar Elis. ( wito )

No comments

Powered by Blogger.