iklan

5 Gerakan Olahraga Penurun Kolesterol dan Asam Urat

Kolesterol yang tinggi kadarnya dapat diturunkan dengan gerakan olahraga, salah satunya lari. Foto Ilustrasi/iStock

JAKARTA - Kolesterol yang tinggi kadarnya dapat diturunkan dengan gerakan olahraga. Diketahui, kadar kolesterol tinggi dapat menimbulkan penyakit berbahaya lain seperti serangan jantung. Mengutip American Heart Association, melakukan olahraga 30 menit selama 5 hari dalam seminggu dapat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. 

Ada beberapa olahraga yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Berikut lima jenis olahraga yang bisa membantu Anda menurunkan kadar kolesterol. 

1. Berenang

Berenang dapat mengurangi kolesterol jahat, menurunkan berat badan, dan mendistribusikan lemak dengan baik. Berenang juga mampu menurunkan asam urat, karena ketika seseorang bergerak dalam air, tekanan persendian akan berkurang.

2. Bersepeda 

Mengutip Journal of American Heart Association, orang yang bersepeda hampir tidak pernah mengalami peningkatan kolesterol. Dan banyak dampak positif lain saat Anda bersepeda.

3. Yoga


Dalam beberapa kondisi tubuh, yoga dapat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tentu gerakan-gerakan pada yoga juga dapat membantu Anda menurunkan asam urat, karena yoga bisa meningkatkan kelenturan dengan mudah. 

4. Jogging 

Dalam kondisi sendi yang baik, jogging bisa mengontrol berat badan dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Jadi jogging ini bisa menjadi pilihan yang mudah dan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan kadar kolesterol.

5. Lari

Berlari dapat menurunkan kadar kolesterol jika dilakukan secara rutin. Selain itu dampak positif dari berlari adalah dapat menurunkan berat badan sehinggi meminimalisir terkena penyakit jantung, karena jika sudah terbiasa lari, napas dan detak jantung akan meningkat selama beraktivitas.(sindonews.com)


No comments

Powered by Blogger.